SOLOPOS.COM - Petugas menata bantuan beras premium dengan bungkus bergambar wajah Ketua DPR RI Puan Maharani saat tiba di Pucangsawit, Jebres, Solo, Rabu (5/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Paket beras premium 5 kilogram (kg) bergambar Ketua DPR RI sekaligus politikus PDIP, Puan Maharani, mulai dibagikan di kantor sementara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo di Pucangsawit, Jebres, Rabu (5/1/2021).

Tak hanya Puan, beras yang dimasukkan dalam tas warna merah tersebut juga ada gambar anggota DPR RI Fraksi PDIP daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah V lainnya. Mereka yakni Muchamad Nabil Haroen, Aria Bima, dan Rahmad Handoyo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

DPC PDIP Kota Solo mendapat jatah 2.900 paket beras premium tersebut. Sebanyak 500 paket dikirim oleh Muchamad Nabil Haroen alias Gus Nabil, 400 paket sumbangan dari Rahmad Handoyo, serta 2.000 paket sumbangan Aria Bima.

Namun, sampai Rabu siang, Puan justru belum tercatat mengirimkan beras atas nama dirinya untuk Kota Solo. “Yang diterima Solo 2.900 [paket]. Dari Gus Nabil 500, Rahmad Handoyo 400, Aria Bima 2.000,” sebut Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat ditanya wartawan di sela-sela pembagian paket sembako bergambar Puan Maharani, Rabu.

Baca Juga: Paket Beras Mbak Puan Maharani Mulai Dibagikan lewat PAC PDIP di Solo

“Itu yang beri hanya tiga, yang kami terima. Setiap datang kita beri tanda terima,” tambahnya saat ditanya soal sumbangan atas nama Puan. “Saya ndak ngerti [apakah Puan memang belum mengirim atau tidak mengirim]. Ngertine kon mbagi kok,” kata Rudy saat ditanya kembali oleh wartawan.

Rudy mengatakan paket beras tersebut dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Pengurus Anak Cabang (PAC) di lima kecamatan. Mereka di antaranya petugas pengangkut sampah, penyapu jalan, supir becak, buruh nyuci, dan lainnya.

Anggaran Pengadaan Beras

Distribusi perdana dimulai pada Rabu siang kepada para petugas kebersihan. Penyerahan paket beras siang itu diberikan langsung oleh Gus Nabil. Seluruh anggota DPR RI dari Fraksi PDIP diinstruksikan membagi paket beras bergambar Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Baca Juga: Harga Sembako Mahal Bikin Emak-Emak Soloraya Galau, Masak atau Beli?

Setiap paket beras berisi dua gambar yakni wajah Puan serta masing-masing anggota fraksi yang menyalurkan. “Iya [ini instruksi]. Karena ini juga dibagikan seluruh anggota fraksi DPR RI PDI Perjuangan di seluruh Indonesia maka gambarnya depan Mbak Puan, belakang gambar masing-masing anggota fraksi [yang menyalurkan],” terang Gus Nabil saat ditanya wartawan.

Di Wilayah Dapil Jateng V beras premium bergambar Puan Maharani dibagikan di empat wilayah yakni Solo, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo minimal 2.000 paket per wilayah. Penyalurannya dimulai 20 Desember lalu. Gus Nabil mengawalinya pada 30 Desember di Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan terakhir di Solo.

Baca Juga: Pasar Mebel Gilingan Jadi Sentra IKM, Pedagang Pindah ke Eks Bong Mojo

“Penyalurannya memang kami serahkan bersama struktur DPC di masing-masing kabupaten kota. Total ada minimal 2.000 paket per Dapil. Mungkin ada yang lebih, itu angka minimal. Dapil V ada tiga, saya Mas Bima, Mas Rahmad Handoyo. Mbak Puan otomatis,” tambahnya.

Saat ditanya soal anggaran pembelian beras tersebut, ia mengatakan semuanya gotong royong bersama-sama. “Kami diperintahkan membeli beras langsung dari petani. Dimulai dari gabah kering sehingga kita tau proses produksinya seperti apa, proses packing-nya seperti apa. Beras menjadi nasi betapa sulit dan berharganya seperti apa,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya