top ear
Ketua DPC Partai Demokrat Kota Solo, Supriyanto. (Istimewa-tangkapan layar)
  • SOLOPOS.COM
    Ketua DPC Partai Demokrat Kota Solo, Supriyanto. (Istimewa-tangkapan layar)

Soal KLB, Ini Sikap Tegas Ketua DPC Partai Demokrat Solo

Sikap setia Supriyanto ditunjukkan dengan menandatangani surat pernyataan tertanggal 3 Maret 2021 di atas materai Rp10.000.
Diterbitkan Jumat, 5/03/2021 - 11:12 WIB
oleh Solopos.com/Kurniawan
2 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Ketua DPC Partai Demokrat Kota Solo, Supriyanto, menegaskan sikap politiknya menolak kongres luar biasa (KLB) dan setia kepada Ketua Umum hasil Kongres V tahun 2020 yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sikap setia Supriyanto yang merupakan pemilik sah suara dalam kongres Partai Demokrat ditunjukkan dengan menandatangani surat pernyataan tertanggal 3 Maret 2021. Tanda tangan dilakukan di atas materai Rp10.000.

Disebutkan AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat disahkan berdasarkan surat Kemenkumham Nomor M.HH-15.AH.11.01 tahun 2020 tentang pengesahan perubahan susunan kepengurusan DPP Partai Demokrat periode 2020-2025.

Baca juga: KLB Partai Demokrat Tak Berizin, Polisi dan Satgas Berani Bubarkan?

“Surat pernyataan ini bersifat final dan mengikat secara hukum. Apabila ada surat pernyataan lain yang dibuat mengatasnamakan saya, maka itu adalah ilegal, dan dapat dituntut secara hukum,” tutur dia, Jumat (5/2/2021).

Supriyanto juga menegaskan dirinya tidak pernah membuat dan atau menandatangani surat kuasa yang diberikan kepada siapapun untuk menghadiri dan atau mewakili dirinya dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat.

“Bila ada siapapun yang mengatasnamakan saya menghadiri dan atau mewakili saya dalam KLB Partai Demokrat adalah tidak benar, ilegal, dan suatu perbuatan tindak pidana yang dapat dituntut secara hukum,” sambung dia.

Surat Pernyataan Sikap

Sikap pernyataan kesetiaan kepada AHY juga pernah dilakukan Supriyanto bersama pimpinan DPC Partai Demokrat se Soloraya pada Kamis (4/2/2021) di Solo Kopi di Jl. Adi Sucipto, Blulukan, Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

Ketika itu Supriyanto menjadi juru bicara pernyataan sikap membacakan surat pernyataan sikap. “Kami bertekad melawan segala upaya pengkhianatan, makar, serta gerakan inkonstitusional yang bertentangan AD/ART,” kata dia.

Baca juga: Suka Bocorkan Info KLB Partai Demokrat, Andi Arief: Twitter Saya Dibajak Kakak Pembina

Sedangkan Ketua DPC Partai Demokrat Karanganyar, Tri Hariyadi, meminta DPD dan DPP Partai Demokrat mengambil tindakan tegas terhadap jajaran pengurus yang terlibat dalam gerakan kudeta. Tindakan tegas secara organisasi.

“Segera saja di Plt kan, siapa saja Ketua DPC dan Ketua DPD. Ini saran dari Partai Demokrat Karanganyar,” ungkap dia.

Sikap senada disampaikan Ketua DPC Partai Demokrat Sragen, Budiono Rahmadi atau disapa Mas Bro.

Baca juga: Mengintip Pesona Air Terjun Batu Pengantin di Krikilan Sragen, Masih Perawan Lho

Dia menyerukan kepada seluruh jajaran Partai Demokrat Soloraya agar solid menghadapi berbagai upaya merongrong dan memecah belah soliditas partai.

“Mari kita fokus membantu meringankan beban masyarakat,” ajak dia.

Diberitakan, perhelatan politik yang menamakan diri KLB Partai Demokrat bakal digelar hari ini di Sumatra Utara. KLB ini digelar di The Hill Hotel and Resort Deli Serdang, Sumatra Utara. Lokasi menuju hotel tersebut dijaga ketat. Penjagaan dilakukan oleh petugas keamanan hotel dan petugas dari panitia KLB.

Terlihat dari peserta yang hadir mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Nazaruddin. Nazaruddin terlihat keluar dari dalam mobil saat harus memasuki bilik disinfektan di depan pintu penjagaan hotel tadi malam.

 


Editor : Profile Rohmah Ermawati
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya