SOLOPOS.COM - Tes kecepatan akses internet (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pengguna internet di Indonesia harus bersabar dengan perkembangan teknologi akses internet Tanah Air. Perkembangan akses internet di Indonesia terbilang lambat. Hal itu terbukti melalui tes kecepatan salah satu forum internet yang mengungkap Indonesia berada di peringkat bawah kecepatan akses.

Netindex dalam situsnya memasang Indonesia berada pada kecepatan rata-rata download 3,33 MBPS. Angka ini jauh lebih rendah dibanding Hong Kong yang berada di posisi pertama dengan kecepatan mencapai 71,22 MBPS.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut terungkap dalam tes yang baru saja dilakukan oleh Speedtest.net terhadap seluruh negara di dunia. Tes tersebut membandingkan kecepatan download seluruh negara di dunia. Dan hasilnya, Indonesia menempati posisi 150 dari total 186 negara yang ada di daftar Speedtest.net.

Ekspedisi Mudik 2024

Bahkan di kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat bawah. Dari 10 negara Indonesia ada di peringkat ke-9. Singapura berada di peringkat pertama menyusul kemudian Thailand, Vietnam, Brunei, Malaysia, Laos, Kamboja, dan Myanmar. Berada di posisi buncit adalah Filipina.

Dalam tes tersebut, Speedtest.net menganalisis data pada tanggal 27 Oktober hingga 25 November 2013. Terdapat lebih dari 3,6 juta IP yang dianalisis dengan jumlah tes sebanyak lebih dari 33 juta kali dan di 1,1 juta di antaranya digunakan untuk menghitung indeks yang dipakai dalam ranking.

Dalam analisis tersebut terungkap Solo berada di posisi 34 dari 50 kota besar di tanah air untuk kecepatan download. Kecepatan download di Solo berada di bawah rata-rata kecepatan akses di Indonesia.

Kecepatan akses internet di Solo 2,2 MBPS terpaut cukup jauh dari peringkat pertama, Serang, yang mencatat kecepatan rata-rata 7.75 MBPS. Sementara Jakarta justru berada di peringkat ke-6 dengan kecepatan rata-rata 4,56 MBPS.

Sementara untuk kecepatan akses, Solo berada di peringkat 24 dengan kecepatan 2.13 MBPS. Soal kecepatan akses seluruh kota besar berada pada margin yang tidak terlalu jauh. Hanya Jakarta yang mencatat kecepatan diatas 3 MBPS, yaitu 4,56 MBPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya