SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo mengajak anak-anak untuk menunjukkan bakat seninya di Sanggar SKWL Nusantara, Nogosari, Boyolali, Rabu (19/10/2022). (Istimewa/Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Karanganyar menyatakan tegak lurus pada instruksi DPP ihwal calon presiden (capres) yang bakal diusung di 2024 mendatang. Itu sekaligus menanggapi sikap Ganjar Pranowo yang menyatakan siap maju sebagai capres di salah satu acara di salah satu stasiun TV.

Ketua DPC PDIP Karanganyar, Bagus Selo, mengaku tak ingin berandai-andai dalam menyikapi kabar pencapresan Gubernur Jawa Tengah tersebut. “Sikap kami jelas, tegak lurus partai. Tidak ingin menanggapi itu [pencapresan Ganjar Pranowo],” kata Bagus Selo ketika dijumpai di ruang kerjanya, Senin (25/10/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Diketahui, Ganjar Pranowo menyatakan siap untuk bangsa dan negara ketika ditanya keinginan menjadi presiden. Hal tersebut disampaikannya dalam sebuah wawancara yang dilakukan stasiun TV swasta. Ganjar menjelaskan semua anggota partai harus siap jika memang diusung menjadi capres.

Bagus Selo mengatakan apa pun keputusan partai akan dijalankan secara penuh. Sebagai kader partai berlambang banteng moncong putih ini, pihaknya tetap menunggu keputusan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, siapa capres yang akan diusung partainya.

Baca Juga: Giliran Warga Sukoharjo Pasangkan Ganjar Pranowo-Yenny Wahid Maju Pilpres 2024

Saat ini partainya tengah fokus proses penjaringan bakal calon legislatif (bacaleg). Tahapan proses penjaringan tersebut sudah dimulai.

Ada 45 bacaleg mengikuti fit and proper test di DPC. Seluruh anggota DPRD dari PDIP mengikuti tes kepatutan dan kelayakan ini. Sementara lainnya merupakan kandidat baru dari berbagai kalangan mulai pengusaha, mantan kepala desa hingga generasi milenial.

“Sebanyak 50% petahana dan 50% calon barulah. Sebnya 30% keterwakilan calon perempuan juga sudah terpenuhi,” tuturnya.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Karanganyar, Latri Listyowati, mengatakan para bacaleg mengikuti psikotes yang dipandu DPP secara online. Psikotes dilakukan sejak 19 Oktober hingga 4 November mendatang. Psikotes ini untuk mengetahui kapasitas dan kapabilitas seluruh bacaleg. Ini menjadi syarat yang ditentukan DPP.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Dipanggil DPP PDIP, Rudy Doakan Dapat Rekomendasi Capres 2024

“Tahapan selanjutnya setelah penjaringan adalah penyaringan lalu penetapan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya