SOLOPOS.COM - Lanud Adi Soemarmo Solo akan membatasi akses jalan di kompleks Lanud Adi Soemarmo Solo mulai Senin (27/4/2020) pukul 18.00 WIB-06.00 WIB dari gapura hingga RSAU Lanud Adi Soemarmo. (Istimewa/Dok. Pentak Lanud Adi Soemarmo Solo)

Solopos.com, KARANGANYAR--Komandan Pangkalan Udara Adi Soemarmo, Kolonel (Pnb) Adrian P. Damanik, menuturkan kompleks Lanud Adi Soemarmo sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sejak awal pandemi di Indonesia.

Orang nomor satu di lingkungan Lanud Adi Soemarmo menyampaikan itu saat berbincang dengan Solopos.com tentang kegiatan Diklat Kepemimpinan yang dilaksanakan sejumlah ASN dari Pemkot Solo beberapa waktu lalu. Muncul informasi ASN dari Pemkot Solo yang sempat menjalani diklat kepemimpinan di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) TNI AU Lanud Adi Soemarmo terpapar Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Adrian memastikan peserta diklat kepemimpinan bisa masuk ke kompleks Lanud Adi Soemarmo karena dinilai sudah memenuhi persyaratan protokol kesehatan Covid-19.

Viral di Medsos, Puncak Gunung Telomoyo Diminta Ditutup

"Sebelum masuk [kompleks Lanud Adi Soemarmo] dia harus membawa surat keterangan hasil rapid test atau swab test Covid-19. Itu protokol yang dilaksanakan di Lanud Adi Soemarmo. Termasuk diperiksa, ikutin protokol, pelaksanaan di dalam juga mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Saya dari awal sudah menerapkan," kata Adrian saat berbincang dengan Solopos.com melalui sambungan telepon selular, Senin (20/7/2020).

Dia juga menjelaskan peserta diklat kepemimpinan tersebut sudah keluar dari kompleks Lanud Adi Soemarmo pada awal Juli. Adrian menyebut 2 Juli atau 3 Juli. Biasanya, menurut dia, peserta diklat kepemimpinan rampung pada Kamis atau Jumat.

"Di tempat [Lanud Adi Soemarmo] cuma sebentar. Memang sempat di tempat saya, di Setukpa itu. Keluar hari Kamis atau Jumat. Sistemnya daring. Lalu kembali ke satuan masing-masing. Di institusi TNI, lembaga pendidikan, saya tetap berlakukan protokol," tuturnya.

Jokowi Tunjuk Erick Thohir Pimpin Tim Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Adrian memastikan lingkungan Lanud Adi Soemarmo ketat melaksanakan protokol kesehatan. Bahkan siswa yang menjalani pendidikan di kompleks Lanud Adi Soemarmo itu hanya diperbolehkan beraktivitas di dalam kompleks hingga pendidikan mereka rampung.

 

Rentan

"Siswa saya banyak di asrama, mes, barak. Tidak boleh pesiar pada Sabtu dan Minggu. Sudah beberapa lama tidak. Mereka melakukan kegiatan di dalam karena tidak diizinkan. Itu sebagai antisipasi. Yang mau masuk bawa surat keterangan sehat hasil rapid test maupun swab test," ungkap dia.

Dia mengakui kondisi saat ini rentan. Tetapi kondisi tersebut membuat seluruh pihak waspada. Termasuk dirinya selaku orang nomor satu di Lanud Adi Soemarmo.

PDIP Solo Coba Gamit Purnomo Dukung Tim Pemenangan Gibran-Teguh

"Jadi evaluasi saya ke dalam. Mungkin kami akan lebih selektif. Selain itu rapid lagi ke staf di dalam."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya