SOLOPOS.COM - Kontingen Indonesia yang terdiri atas atlet dan ofisial membawa bendera Merah Putih melintas saat penutupan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion Manahan, Sabtu (6/8/2022) malam. Indonesia keluar sebagai juara umum APG 2022. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Indonesia sukses jadi juara umum ASEAN Para Games (APG) 2022 Solo dengan raihan 175 emas, 144 perak, dan 107 perunggu. Para atlet yang mendulang medali tentu sangat berbahagia karena akan mendapatkan bonus dari pemerintah. Walaupun belum ada kepastian angka yang akan diberikan, namun jumlahnya akan sama dengan atlet normal yang sebelumnya terjun di ajang SEA Games 2019 di Filipina.

Beberapa pihak memberi selamat atas pencapaian para kebanggaan bangsa tersebut. “Saya ikut bangga kepada perjuangan para atlet Indonesia, karena kalian semua adalah sumber inspirasi bangsa ini,” terang  Bunda Asuh Disabilitas Jawa Barat, Atalia Praratya, saat menghadiri acara syukuran atlet Indonesia yang terjun di ajang APG di Hotel Grand Mercure Solo Baru, belum lama ini.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Atalia yang juga istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut mengaku apa yang ditunjukkan para atlet di lapangan adalah sebuah perjuangan besar yang sangat perlu diapresiasi. Dia mengakui tak mudah buat mendapatkan medali karena persaingan dari beberapa negara peserta juga berjalan dengan sangat ketat.

“Pesan saya kepada para atlet adalah ingat pencapaian hari ini harus dijaga betul. jangan foya-foya karena sebagai atlet, karirnya tentu tak akan panjang dan tak akan selamanya. Diharapkan atlet bisa mempersiapkan diri untuk masa tuanya ketika nanti sudah pensiun sebagai atlet. Bonus yang mereka dapatkan harus di-manage dengan baik,” kata dia.

Dia mengatakan jika membeli sesuatu yang bisa jadi investasi di masa tua. Atlet juga harus cermat dan tepat pokoknya dalam mengelola keuangan, agar saat tua nanti tidak merana sebagai atlet yang sempat membawa harum nama bangsa.

Baca Juga: Piala AFF U-16: Prediksi Semifinal Indonesia Vs Myanmar, Susunan Pemain

Sementara itu, Presiden National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, mengatakan kontingen atlet dari negara peserta telah kembali ke negara masing-masing. Termasuk sejumlah atlet Indonesia telah kembali ke daerah masing-masing. Namun tidak semua atlet kontingen merah putih dipulangkan. Ada beberapa yang langsung masuk program pelatihan nasional (pelatnas) proyeksi Asian Para Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok.

“Ada beberapa atlet yang langsung latihan di Solo. Khususnya mereka yang masuk proyeksi terjunkan di ajang Asian Para Games di Hangzhou. Termasuk Paralimpiade 2024 di Paris,” kata dia.

Baca Juga: Semifinal Piala AFF U-16: Prediksi Thailand Vs Vietnam, Live Streaming

Senny yang kini menjadi Wakil Presiden Asean Para Sport Federation itu menambahkan atlet yang hanya diproyeksikan di APG XI sudah dipulangkan ke daerah masing-masing. Sedangkan menghadapi Asian Para Games 2023 kontingen Indonesia mengandalkan 12 cabang olahraga (cabor).

“Termasuk tiga cabor yang tidak ikut APG di Solo. Ada menembak, lawnball, dan balap sepeda. Total ada 120 atlet dari 12 cabor yang kami persiapkan untuk terjun di Asian Para Games 2023,” kata Senny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya