SOLOPOS.COM - Sukarelawan PMI Sragen, Kenia Kori Saputri, 23 (dari kanan), Nur Aini Pasili, 24, dan Rizky Nugroho, 24 bersiagadi posko PMI di Stasiun Sragen, Selasa (3/5/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO – Pasangan suami istri di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, tidak bisa merayakan Lebaran 2022 bersama keluarga karena harus bertugas di posko PMI. Mereka adalah Rizky Nugroho, 24, dan Kenia Kori Saputri, 23, yang bertugas di posko PMI Sragen di Stasiun Sragen mulai 27 April 2022 sampai 7 Mei 2022.

Rizky dan Kenia adalah sukarelawan PMI yang diangkat menjadi anggota staf belum lama ini. Pasangan suami istri ini belum bisa merayakan Lebaran bersama keluarga karena harus bertugas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tugas di posko bersiaga adalah membantu para penumpang yang membutuhkan pertolongan pertama, penumpang sakit, sampai mengantarkan penumpang ke fasyankes terdekat.

Rizky mengatakan bertugas dengan sistem tiga sif bersama sukarelawan dan petugas PMI Sragen lainnya. Dia bertugas di posko PMI sejak 2015 kecuali Lebaran 2020 dan 2021.

“Dua tahun itu malah gak libur, fokusnya pemakaman Covid-19. Dulu ada posko internal lebaran tapi kan tidak ada pemudik. Setiap hari justru memakamkan jenazah akibat Covid-19,” kata dia, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Kisah Sekeluarga dari Tangerang Nginap 10 Hari di Masjid Raya Sragen

Pemerintah yang mengizinkan tradisi mudik tahun ini justru tidak membuat Rizky kewalahan seperti dua tahun terakhir. Tenaganya hanya melayani para penumpang.

“Belum ada yang sampai membutuhkan layanan ambulans. Beberapa penumpang hanya mengeluhkan penyakit ringan, seperti pusing, diare, flu. Kami sediakan obat ringan,” jelasnya.

Sungkeman

Meskipun tugasnya lebih ringan dibandingkan dua tahun terkahir, Rizky belum merayakan Lebaran bersama keluarga di rumah. Dia belum sungkemen dengan orang tua sejak Senin (2/5/2022).

Namun setidaknya lebaran tahun ini dia bisa bertugas bersama dengan sang istri, Kenia Kori Saputri, 23 di posko PMI di Stasiun Sragen. Kenia merupakan sukarelawan PMI yang direkrut akhir tahun lalu. “Besok setelah posko selesai baru ke keluarga untuk bersilaturahmi,” jelasnya.

Baca juga: Korban Tenggelam Di WKO Sragen Ditemukan Meninggal Dunia

Kenia menjelaskan sempat pulang untuk sungkeman dengan orang tuanya serta mertua di sela-sela kegiatan atau di luar tugas sif. Dia mewakili suaminya yang belum bisa sungkeman.

“Kedua orang tua sudah memaklumi dan malah memberikan dukungan. Ya tidak apa-apa,” paparnya.

Dia mengatakan mertuanya malah lebih terbiasa merayakan Lebaran tanpa Rizky. Dia memaknai bertugas selama Lebaran 2022 justru mendapatkan banyak teman baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya