SOLOPOS.COM - SNMPTN 2016 (Jogjastudent.com)

SNMPTN 2016 untuk UNS Solo menurunkan kuota menjadi 40%.

Solopos.com, SOLO – Kuota penerimaan mahasiswa baru (maru) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 hanya sekitar 40%. Kuota itu turun 10% jika dibandingkan tahun 2015 lalu sekitar 50 persen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ya untuk jalur SNMPTN tahun ini persentasenya turun sekitar 10 persen. Kalau tahun lalu penerimaan mahasiswa baru dari jalur SNMPTN sekitar 50 persen, tahun ini hanya 40 persen,” ujar Wakil Rektor (WR) I (Bidang Akademik) UNS, yang juga Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Sutarno, ketika ditemui wartawan di Kampus UNS, Senin (18/1/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara untuk kuota jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), lanjutnya, sekurang-kurangnya 30 persen, sedangkan jalur Seleksi Mandiri (SM), maksimal 30 persen.

Sutarno menjelaskan, hal itu berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap penjaringan mahasiswa baru melalui sejumlah jalur yang ada, selain SNMPTN, juga ada SBMPTN dan Seleksi Mandiri (SM).  Namun Sutarno belum merinci jumlah mahasiswa baru yang akan diterima melalui proses SPMB tersebut.

Dia menyebutkan, kuota PMB UNS tahun ini sekitar 6.200 orang. Jumlah itu naik dibandingkan tahun lalu. Sementara perubahan persentase kuota baik untuk jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun SM, dipastikan merata di semua fakultas

Menyusul peluncuran Situs Resmi SNMPTN 2016, Minggu (17/1/2016), Sutarno mengatakan tahap Pengisian Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) untuk calon peserta SNMPTN sudah dimulai Senin (18/1/2016). Pihaknya sudah menjadwalkan sosialisasi PDSS ke SMA/SMK/MA di Solo dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya