SOLOPOS.COM - Business Center milik SMKN 1 Karanganyar. Foto diambil Senin (24/1/2022). (Solopos.com/Diva Kristya)

Solopos.com, KARANGANYAR — Untuk menanamkan jiwa wirausaha para siswanya, SMKN 1 Karanganyar mendirikan business center. Business Center berupa minimarket ini menjadi wadah siswa SMKN 1 Karanganyar, khususnya jurusan Bisnis dan Pemasaran untuk praktik langsung berwirausaha.

“Bisnis Center ini memang usahanya sekolah SMK ini, tapi dari jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran [BDP]” jelas Cahya, admin dan kasir Business Center SMKN 1 Karanganyar, Senin (24/1/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adapun tujuan dibangunnya bisnis center ini mengasah mental siswa dalam dunia kerja, melatih kemampuan soft skill, pengelolaan produk hingga administrasi penjualan, serta mengasah kreativitas siswa dalam menciptakan suatu produk.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Ini Daftar Kepala SMAN Sederajat Di Karanganyar yang Dimutasi

Business Center ini dikelola oleh siswa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP). Mereka diberi tanggung jawab mulai dari pengelolaan barang hingga pengelolaan kasir. Namun, para siswa tetap mendapatkan pendampingan dari guru.

business center SMKN 1 Karanganyar
Business Center milik SMKN 1 Karanganyar. Foto diambil Senin (24/1/2022). (Solopos.com/Diva Kristya)

SMKN 1 Karanganyar menggandeng perusahaan ritel di Indonesia yaitu Alfamart sejak awal 2021 lalu untuk mendirikan Business Center ini. Tujuan hubungan kerja sama ini untuk menjalin relasi dalam kegiatan pembelajaran dan meningkatkan keberhasilan lulusan SMK.

“Bisnis center ini bekerja sama dengan alfamart dalam bentuk kerja sama DUDI (dunia usaha dunia industri) agar memudahkan siswa di sini dalam pembelajaran mereka,” jelas Cahya.

Baca Juga: Siswa Nekat Nongkrong di Alun-Alun Karanganyar Dibubarkan Satpol PP

Business center ini menyediakan semua kebutuhan para siswa, seperti perlengkapan sekolah dan alat tulis kantor. Dan juga menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti, sabun, pembersih, kebutuhan makanan, dll.

Tak hanya itu, siswa dapat menaruh produk dari hasil kreativitas mereka seperti, makanan ringan, aksesoris, dan lain-lain. Siswa diberi keleluasaan untuk berwirausaha di Business Center ini.

Usaha sekolah ini dibuka untuk umum, jadi tidak hanya diperuntukkan bagi siswa. Business Center ini buka dari Senin sampai Jumat. Senin-Kamis buka dari pukul 07.30 WIB– 15.30 WIB, Jumat pukul 07.30 WIB- 14.00 WIB, kemudian untuk Sabtu, Minggu, dan tanggal merah libur.

Masyarakat dapat mengunjungi bisnis center ini di Jl. Monginsdi No.1 Manggeh, Tegalgede, Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya