SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan Internet menggunakan smartphone (Istimewa/Huffington Post)

Smartphone 4G yang dikembangkan oleh peneliti Indonesia siap diproduksi secara massal.

Solopos.com, JAKARTA — Para peneliti Indonesia telah mampu menciptakan smartphone yang sebentar lagi akan diproduksi perdana secara massal. Produk ini dikembangkan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Melalui skema pendanaan inovasi perguruan tinggi di industri, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) pada 2016 memberikan pendanaan kepada Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengembangkan dan menghilirisasikan produk smartphone 4G.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek), Muhamad Nasir, mengatakan riset-riset yang dihasilkan anak bangsa jangan sampai hanya berhenti di perpustakaan. Menurutnya, riset itu harus dikomersialisasikan sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

“Saya merasa bangga betul. Semoga produk ini bisa mengambil pasar, network harus kita bangun. Mudah-mudahan produk ini bisa kompetitif, punya nilai tambah, dan menjadi kebanggaan, ” ujarnya saat kunjungan kerja ke PT VS Technology Indonesia, Rabu (11/1/2017), dalam keterangan tertulis.

Menristekdikti menyebutkan angka pengguna smartphone di Indonesia kini mencapai sekitar 25% dari total penduduk atau sekitar 65 juta orang. Sehingga ia menilai jumlah tersebut merupakan market potensial dari produk ini.

Ponsel pintar ini nantinya akan diadopsi dan dilanjutkan produksi massalnya oleh Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM/Digital Coop) dengan bekerjasama antara ITB, PT Jalawave Integra, PT. VS Technology Indonesia, dan PT TSM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya