SOLOPOS.COM - Upacara bendera di SMAN 1 Kota Semarang. (sman1-smg.sch.id)

Solopos.com, SEMARANG — Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Semarang di Jawa Tengah yang merupakan SMA tertua di Indonesia ternyata dahulunya pernah menjadi rumah sakit.

Hal ini terjadi setelah SMAN 1 Semarang diresmikan pada 1936, yakni ketika zaman penjajahan Jepang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Awalnya, pada masa penjajahan Jepang, gedung SMA Negeri 1 Semarang ini menjadi pusat pendidikan militer Jepang. Setelah Jepang menyerah kepada sekutu, Belanda mengambil alih SMA tertua di Indonesia ini dan beralih fungsi menjadi rumah sakit.

Lalu, pada 1946, fungsi gedung dari SMA tertua di Indonesia ini dikembalikan menjadi sekolahan.

Baca Juga: Daftar Pembagian Wilayah Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Solo

Berdirinya sekolah tersebut tak bisa lepas dengan lahirnya Hogre Burgerschool (HBS) di Semarang pada 1877.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya dari buku SMA dari Masa ke Masa, HBS Semarang ini menjadi cikal bakal lahirnya SMAN 1 Semarang. Kala itu, anak-anak yang bersekolah di HBS hanya keturunan Belanda, Eropa serta kalangan elit pribumi yang telah lulus ELS kelas I.

“Kurikulum HBS di Indonesia sama dengan kurikulum yang diterapkan di negeri Belanda. Jadi dalam pelaksanaannya tidak banyak mengalami perubahan.” sebagaimana tertulis dari buku itu.

Baca Juga: Diklaim Masih Ada, Apa Sih Beda Harimau Jawa dan Sumatra?

Sejarah mencatat, HBS Semarang ini yang kemudian menjadi cikal bakal SMAN 1 Semarang. Gedung SMA tertua di Indonesia ini berada di Jl. Taman Menteri Supeno No. 1 Semarang didirikan pada 1936. Hal tersebut merupakan pengembangan HBS yang telah didirikan sebelumnya di Jalan Pemuda.

SMA Tertua dan Terluas di Indonesia

Bukan hanya menjadi SMA tertua di Indonesia, SMAN 1 Semarang juga dinobatkan sebagai sekolah terluas di Indonesia dan tercatat pada laman resmi Lembaga Prestasi Indonesia Dunia. Adapun luas sekolah ini mencapai 4,2 ha.

Di Semarang sendiri, SMAN 1 Semarang menjadi sekolah favorit. Bukan karena tertua dan terluas, melainkan karena sekolah ini memiliki banyak prestasi, kurikulum, dan juga lulusannya yang banyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Baca Juga:  Jadi Kota Tertua di Jawa, Ternyata Salatiga Punya Kuliner Zaman Mataram

Mengutip situs resmi Sman1-smg.sch.id, beberapa di antaranya, SMA tertua di Indonesia ini meraih emas kategori Tari Kreasi Nusantara pada ajang OSEBI SEMESTA 2020, medali perak pada ajang International Science Technologuy and Engineering Competition 2020, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, SMA satu ini menerapkan inovasi kurikulum yang berbasis pembelajaran daring, menggunakan scoolgy, quiefer, edmodo yang dikembangkan menjadi modul elektronik untuk para siswa. Terakhir, lulusan SMA Negeri 1 Semarang juga banyak diterima di PTN favorit dan juga sekolah kedinasan.

Baca Juga:  Diyakini Masih Ada, Bagaimana Wujud Harimau Jawa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya