SMA Binaan Luhut Binsar Peringkat 3 Terbaik Nasional, Ini Rahasianya
Solopos.com|news

SMA Binaan Luhut Binsar Peringkat 3 Terbaik Nasional, Ini Rahasianya

SMA Unggul  Del di Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatra Utara ini memiliki nilai rerata  sebesar 654,285 dengan nilai tertinggi 720,57 dan nilai terendah 481,11.

Solopos.com,SOLO -- Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), SMA Unggul Del yang merupakan sekolah binaan dari Menteri Koordinator  Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendapatkan peringkat ketiga se-nasional dari top 1000 SMA Negeri dan Swasta.

Penilaian ini berdasarkan pada nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020 lalu. SMA Unggul  Del yang ada di Kabupaten Toba Samosir, provinsi Sumatra Utara ini memiliki nilai rerata  sebesar 654,285 dengan nilai tertinggi 720,57 dan nilai terendah ada pada angka 481,11.

Apa yang membuat SMA Unggul Del ini bisa mendapatkan prestasi setinggi ini? SMA Unggul Del berdiri pada tahun 2011 dan resmi beroperasi pada tahun 2012 berdasarkan SK Operasional Bupati Toba Samosir No. 198.

Baca Juga : Soal Capres 2024, Ridwan Kamil: Saya Tahu Diri, 2 Periode Gubernur Jabar Lebih Realistis

Sebagai sebuah Lembaga pendidikan formal yang baru, SMA Unggul Del telah menanamkan visi untuk menjadi institusi yang memberikan transformasi pada pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Suasana KBM di SMA Unggul Del (Instagram @samosir_indah)
Suasana KBM di SMA Unggul Del (Instagram @samosir_indah)

Berada di Jl. Y.P. Arjuna, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, sekolah ini menjunjung nilai dasar yang berbunyi ‘MarTuhan, Marroha, Marbisuk’ yang berarti sekolah ini berpegang teguh untuk menciptakan generasi pemimpin yang unggul dalam pengetahuan, teknologi namun tetap bertaqwa (MarTuhan), berhati Nurani luhur (Marroha) dan bijaksana (Marbisuk).

Megutip dari Detik.com, Rabu (9/6/2021), SMA Unggul Del didukung beberapa fasilitas unggulan,  seperti asrama, kantin, perpustakaan hingga laboratorium. Untuk asrama, sekolah ini membagi Gedung menjadi dua lantai untuk membedakan asrama putra dan asrama putri.

Baca  Juga : Perhatian! 5 SMA Swasta Ini Terbaik di Kota Jogja

Setiap kamar berisi fasilitas bunkbed,Kasur, serta lemari dan dapat diisi oleh 6 orang siswa. Fasilitas pendukung lainnya ada toilet dalam, pantry, ruang setrika, gudang, ruang jemur, ruang wastafel, ruang pencucian hingga toilet dan shower.

Untuk kantin, SMA Unbggul Del menyediakan jam makan sebanyak 3 kali sehari dengan satu kali jam snack sore dan tentunya ada standar gizi untuk para siswa-siswinya. Dengan melihat fasilitas yang ada di SMA Unggul Del, siswa-siswi yang bersekolah disini memang difokuskan untuk belajar demi meraih prestasi sehingga mereka lulus dengan prestasi yang tinggi pula.

Siswa-siswi SMA Unggul Del Toba Samosir (1)
Siswa-siswi SMA Unggul Del Toba Samosir (Instagram/@yayasandel)

Sekolah ini juga memiliki jadwal harian dari mulai subuh jam 5.00 WIB, para siswa-siswi harus sudah bangun untuk beribadah secara pribadi sesuai keyakinan dan agamanya masing-masing. Setelah itu dilanjurkan dengan jadwal  piket, mandi, sarapan dan tidak lupa mencuci piring yang dilakukan siswa-siswi yang mendapatkan jatah piket

Baca Juga : Kota Jogja Punya 11 SMA Negeri Terbaik

Kegiatan KBM dilakukan dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB, tentunya ada waktu istirahat satu kali pada pukul 12.45 WIB – 13.45 WIB. Selain KBM, adapula kegiatan ekstrakulikuler pada pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB, setelah pulang dari sekolah para siswa-siswi langsung mandi sore dan mempersiapkan makan malam.

Jam belajar mandiri malam dimulai pada pukul 19.30 WIB sampai 21.30 WIB, selama jam mandiri ini, para siswa-siswi harus fokus mempersiapkan pelajaran pada keesokan harinya (kecuali jika keseokannya adalah hari libur), kemudian setelah jam belajar mandiri selesai,  para siswa-siswi diperkenankan untuk melakukan aktivitas pribadinya masing-masing sampai pukul 23.00 WIB.

Fasilitas sekolah mendukung dengan jadwal yang sudah diatur sedemikian rupa, tidak heran jika sekolah binaan Luhut Pandjaitan ini mendapatkan peringkat sekolah swasta tertinggi tingkat SMA se-Indonesia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago