SOLOPOS.COM - Skenario Grup G lolos 16 besar Piala Dunia 2022.

Solopos.com, SOLO—Tiga tim masih berpeluang lolos ke babak 16 besar mendampingi Brasil dalam skenario laga terakhir Grup G Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Serbia akan menghadapi Swiss di Stadium 974 Doha sedangkan Kamerun menantang Brasil di Lusail Stadium Al Daayen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di grup ini baru Brasil yang telah memastikan lolos ke fase gugur. Portugal mengemas poin sempurna, 6, berkat kemenangan atas Serbia 2-0 dan mengalahkan Swiss 1-0. Swiss menempati posisi kedua dengan poin 3 sedangkan Kamerun dan Serbia berada di peringkat tiga dan empat dengan poin 1.

Baca Juga: Skenario Grup H Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Korsel Susul Jepang?

Ekspedisi Mudik 2024

Serbia akan mengusung misi revans atas Swiss. Swiss dan Serbia kali terakhir bertemu di fase grup Piala Dunia 2018.

Saat itu Swiss mengalahkan Serbia 2-1 lewat gol Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri. Serbia unggul lebih dulu melalui Aleksandar Mitrovic.

Sementara Brasil yang sudah lolos ke 16 besar akan melawan Kamerun, tim yang sudah enam kali dihadapinya, termasuk dua kali dalam putaran final Piala Dunia. Dalam pertemuan itu Brasil menang lima kali dan satu-satunya kemenangan Kamerun terjadi dalam Piala Konfederasi FIFA pada 2003.

Baca Juga: Hajar Jerman dan Spanyol, Ini Daftar Pemain Timnas Jepang di Piala Dunia 2022

Dalam menentukan tim yang lolos jika terjadi poin sama dalam klasemen akhir, akan ditentukan dengan urutan sebagai berikut: selisih gol grup secara keseluruhan, gol yang dicetak, hasil head to head (H2H) dan selisih gol pada semua pertandingan tim yang poinnya sama.

Kemudian gol yang dicetak pada semua pertandingan tim yang poinnya masih sama, poin fair play dan terakhir adalah melalui mekanisme undian.

 

Berikut skenario Grup H lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022:

>>Brasil sudah lolos babak 16 besar dan akan menjadi juara grup jika imbang atau menang pada laga lawan Kamerun.

>>Swiss lolos babak 16 besar jika menang lawan Serbia. Swiss tetap lolos jika imbang lawan Serbia, dengan syarat Kamerun gagal menang lawan Brasil.

>>Kamerun wajib menang lawan Brasil untuk membuka peluang lolos 16 besar. Jika poin sama dengan Swiss dan Serbia, klasemen akan dihitung sesuai regulasi. Jika imbang atau kalah, Kamerun tersingkir.

>>Serbia wajib menang lawan Swiss jika ingin membuka peluang lolos babak 16 besar. Hasil imbang atau kalah membuat Serbia angkat koper lebih awal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya