SOLOPOS.COM - Adu tajam Kylian Mbapppe vs Robert Lewandowski (Foto Twitter @KMbappe @brfootball)

Solopos.com, JAKARTA—Laga Prancis vs Polandia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 bakal menjadi adu tajam Kylian Mbappe vs Robert Lewandowski.

Mbappe menjadi salah satu penghuni daftar top skor Piala Dunia 2022 dengan 3 gol dari tiga penampilan di penyisihan grup. Tidak hanya itu, bomber Paris Saint Germain yang menjadi pemain termahal di Piala Dunia 2022 itu juga mencatatkan 1 assist.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mbappe selalu mengisi starting eleven Les Bleus, kecuali saat laga ketiga melawan Maroko di mana Prancis sudah memastikan lolos ke babak 16 besar. Menurut catatan Transfermarkt, persentase Mbappe menjadi starting eleven 67 persen, minute plays 77 persen dan memberikan kontribusi 67 persen terhadap gol Prancis di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Prancis vs Polandia Main Pukul 22.00 WIB

Sementara ituketajaman Robert Lewandowski masih perlu diasah karena dari tiga pertandingan di penyisihan grup Piala Dunia 2022, striker Barcelona itu baru menciptakan sebiji gol. Lewandowski juga telah memberikan kontribusi 1 assist.

Pemain berpostur 1,85 meter itu selalu menjadi andalan Polandia dan bermain penuh dalam tiga laga penyisihan grup.

Polandia menjadi salah satu tim yang lolos ke 16 besar dengan jumlah gol yang minim, 2 gol. Sebelum dikalahkan Argentina 0-2, Polandia hanya bermain imbang 0-0 dengan Meksiko dan menang 2-0 lawan Arab Saudi.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang 16 Besar Prancis vs Polandia

Jadi meski Lewandowski merupakan penyerang haus gol yang memiliki insting mematikan, namun itu tak akan berarti apa-apa jika dia tak mendapatkan pasokan bola dari rekan-rekan satu timnya.

Prancis memiliki kedalaman skuat yang lebih baik dibandingkan Polandia.  Oleh karena itu, pertandingan ini akan berjalan berat sebelah. Apalagi dalam dalam tujuh pertemuan terakhir antara kedua tim selalu dimenangkan Prancis .

Kali terakhir Prancis kalah dari Polandia terjadi 40 tahun lalu ketika Les Bleus dibantai Polandia 4-0 dalam pertandingan persahabatan 1982.

Baca Juga: Mainkan Laga ke-1000, Messi Cetak Gol Lagi hingga Lewati Rekor Ronaldo

Setelah penjaga gawang Alphonse Areola pulih dari masalah punggung, Deschamps memiliki skuat yang seluruhnya bugar. Dia mungkin kembali menaruh empat penyerang dalam formasi 4-2-3-1 di mana Olivier Giroud menjadi ujung serangan di depan Antoine Griezmann yang digandeng dua sayap maut, Ousmane Dembele dan Kylian Mbappe.

Giroud memiliki motivasi tambahan di depang gawang Polandia karena dia tengah berusaha memecahkan rekor gol terbanyak sepanjang masa Prancis yang dipegang Thierry Henry.

Ini membuat tim serang Prancis semakin berbahaya, apalagi bakal mendapatkan dukungan yang cukup dari lini tengah yang dikoordinir Aurelien Tchouameni dan Adrien Rabiot.

Baca Juga: Daftar Top Skor Piala Dunia 2022, Messi ke Papan Atas

 

Pertahanan Tangguh

Sementara kuartet Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, dan Theo Hernandez bakal melindungi Hugo Lloris dari teror duet Robert Lewandowski dan Arkadiusz Milik yang menjadi ujung tombak kembar Polandia dalam sistem 4-4-2.

Skema ini menciptakan kestabilan dalam skuat Bialo-Czerwoni (Si Putih dan Merah), julukan Polandia, yang juga pembuka ruang untuk duet penyerang mereka.

Sebagaimana halnya Deschamps, pelatih Polandia Czes?aw Michniewicz juga mendapatkan skuat yang seluruhnya siap diturunkan dalam laga ini.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari ini: Prancis vs Polandia, Inggris vs Senegal

Untuk menangkal serangan bergelombang Prancis formasi empat gelandang memang ideal untuk menangkalnya. Peran ini akan dimainkan oleh kuartet lapangan tengah Przemys?aw Frankowski, Krystian Bielik, Grzegorz Krychowiak, dan Piotr Zielinski.

Jika itu tak cukup, dan jika Prancis memanfaatkan lebar lapangan, dua bek sayap Matty Cash dan Bartosz Bereszynski siap menghalau Prancis.



Sementara Kamil Glik dan Jakub Kiwior menjadi palang pintu sebelum bola mencapai kiper Wojciech Szczesny yang menjadi satu-satunya penjaga gawang dalam Piala Dunia 2022 sejauh ini yang dua kali menggagalkan penalti lawan.

Baca Juga: Road to Final Piala Dunia 2022: Seru! Belanda Jumpa Argentina di Perempat Final

Tim pertahanan Polandia juga tangguh yang dibuktikan dari dua clean sheet selama fase grup. Walau dua kali dibobol Argentina yang seperti Prancis memiliki serangan maut dan kreatif, demikian seperti dikutip dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya