SOLOPOS.COM - Marcus Rashford vs Koulibaly Kalidou saat Inggris vs Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. (Twitter @FIFAWorldCup/ kkoulibaly26)

Solopos.com, JAKARTA—Laga Inggris vs Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Senin (4/12/2022) bakal menjadi ajang ketajaman para penyerang Inggris yang haus gol.

Skenario itu bisa dilihat dari tiga laga penyisihan grup di mana pemain Inggris berpesta 6-2 atas Iran dan 3-0 dari Wales. Three Lions hanya sekali tidak mencetak gol, yaitu ketika ditahan imbang 0-0 Amerika Serikat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sembilan gol Three Lions itu dibagi enam pemain, yaitu Marcus Rashford 3 gol, Bukayo Saka 2 gol, dan Raheem Sterling, Jude Bellingham, Phil Foden serta Jack Grealish masing-masing 1 gol.

Baca Juga: Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Inggris vs Senegal Main Pukul 02.00 WIB

Hal ini sangat kontras dengan performa Senegal. Tim Afrika itu total hanya mencetak 5 gol dan kebobolan  4 gol, hasil kalah 0-2 dari Belanda, menang 3-1 lawan Qatar dan mengalahkan Ekuador 2-1.

Kondisi ini membuat Senegal bakal menjadi sasaran empuk lini depan Inggris yang sejauh ini salah satu dari dua tim terproduktif dan tajam dalam Piala Dunia 2022.

Apalagi pelatih Inggris Gareth Southgate memiliki banyak opsi setelah Kyle Walker, Phil Foden, Jordan Henderson dan Marcus Rashford yang semuanya starting eleven kala melawan Wales, bermain cemerlang sehingga pelatih Inggris semakin yakin kali ini negaranya melangkah sangat jauh.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang 16 Besar Inggris vs Senegal

Tetapi opsi yang lengkap itu juga menciptakan dilema mengenai siapa yang lebih dulu diturunkan. Selalu ada godaan untuk memasang kembali Kieran Trippier, Bukayo Saka, dan Raheem Sterling dalam formasi 4-3-3.

Di sini, Jude Bellingham yang menjadi pemain Inggris termuda kedua yang membuat caps ke-20 untuk timnas senior, bermitra dengan Declan Rice dan Henderson sebagai trio lini tengah.

Sedangkan Marcus Rashford, Harry Kane, dan Phil Foden menjadi trisula yang bakal bertubi-tubi menyerbu Senegal yang membuat Inggris lebih leluasa dalam mengendalikan permainan dan mendikte lapangan.

Baca Juga: Skenario 16 Besar Prancis vs Polandia: Adu Tajam Mbappe vs Lewandowski

Senegal yang bangkit memenangkan dua pertandingan fase grup terakhirnya setelah dilumat Belanda 0-2, berusaha mencapai delapan besar bersama skuat yang makin berkurang kekuatannya. Hal ini setelah si pekerja keras Idrissa Gueye mendapatkan kartu kuning kedua.

Yang juga bakal menghilang dalam skuat melawan Inggris adalah Cheikhou Kouyate yang belum pulih juga dari cedera pergelangan kaki.  Namun sejauh ini pemain-pemain pelapis Senegal tampil sebagus mereka yang kehilangan posisi karena absen dan menjalani skorsing.

Itu termasuk pemain sayap Watford Ismaila Sarr, Iliman Ndiaye, Famara Diedhiou dan Krepin Diatta. Iliman Ndiaye dan Ismaila Sarr bahkan sudah siap bermitra kembali dengan Boulaye Dia di sepertiga akhir lapangan dalam formasi 4-3-3.

Baca Juga: Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Prancis vs Polandia Main Pukul 22.00 WIB

Senegal perlu berhati-hati  karena pertahanan mereka sudah kebobolan empat kali meskipun dikawal kiper tangguh Edouard Mendy dan bek tengah perkasa Kalidou Koulibaly.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya