SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Warga menerima bansos BST. (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, BANTUL – Sempat diubah, skema penyaluran berbagai bansos di Bantul kembali kondusif. Sebelumnya penyaluran bansos sempat dihentikan karena munculnya sejumlah kerumunan di beberapa lokasi.

Sekda Bantul, Helmi Jamharis pada Jumat (6/8/2021) menyampaikan pasca diubah skema pembagiannya, belum ada laporan masuk terkait adanya kerumunan selama penyaluran. “Tidak ada laporan lagi kerumunan,” ujarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini menurut Helmi menunjukkan bahwa skema perubahan yang diterapkan dalam penyaluran bansos di Bantul sudah bagus. Bagus dalam artian tidak memunculkan kerumunan dan memenuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Keren, Pasien non Covid-19 di Bantul Bisa Akses Oksigen Gratis

“Intinya bahwa bansos itu telah diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak menerima di Bantul. Tanpa ada kerumunan. Semua bantuan sudah jalan dengan menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

Sebelumnya berdasarkan monev Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinsos P3A Bantul, Anwar Nur Fahrudin menyebutkan adanya penyaluran bansos yang berkerumun di hari-hari pertama penyaluran bansos.

“Hari pertama agak kisruh, karena mungkin banyak yang terundang dan undangan juga mendadak, ada kisruh. Ada kerumunan,” ujarnya.

Baca juga: Puluhan Petani Bawang Imogiri Mengeluh, Duit Penjualan Rp340 Juta Belum Dibayar Tengkulak

Sebelumnya, penyaluran bansos di Bantul terpaksa dihentikan dua hari pasca hasil evaluasi menunjukkan masih terjadinya kerumunan. Selama dihentikan, skema penyaluran didesain ulang agar lebih menerapkan protokol kesehatan.

Sekretaris Daerah Bantul, Helmi Jamharis menerangkan pihaknya telah melalukan rapat koordinasi dengan Kantor Pos. Yakni selaku penyalur yang ditunjuk oleh pemerintah dalam menyalurkan bansos.

“Alokasi waktu yang diberikan diminta untuk mengatur sedemikian rupa agar tidak terjadi kerumunan. Peristiwa di Selopamioro itu menjadi pembelajaran,” tuturnya mengenai penyaluran bansos di Bantul, pada Jumat (30/7/2021).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya