Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca
 Susunan batu berbentuk setengah lingkaran di Dukuh/Desa Sukorejo, Kecamatan Wedi diduga peninggalan zaman megalitikum. Foto diambil Jumat (20/5/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)
Espos Plus Soloraya

Situs Pekuburan Megalitikum dan Kampung Kuno Pringgoloyo Klaten

Selain di puncak dan lereng Gunung Lawu, peninggalan peradaban megalitikum di Soloraya juga ditemukan situs yang diduga sebagai perkuburan dan penanda kampung kuno di Dukuh Sukorejo, Desa Sukorejo, Kecamatan Wedi, Klaten, berupa susunan batu besar, serta temuan batu pipisan dan gandik.

Solopos.com, KLATEN — Selain di puncak dan lereng Gunung Lawu, peninggalan peradaban megalitikum di Soloraya juga ditemukan situs yang diduga sebagai perkuburan dan penanda kampung kuno di Dukuh Sukorejo, Desa Sukorejo, Kecamatan Wedi, Klaten, berupa susunan batu besar, serta temuan batu pipisan dan gandik.

Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Situs Pringgoloyo atau Pringgolayan. Mereka mengeramatkan lokasi tersebut karena percaya situs itu adalah tempat tinggal Raden Bagus Munyul. Sosok itu mempunyai klangenan harimau putih dan kuda putih. 

Berita Terpopular
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode