SOLOPOS.COM - Ilustrasi Youtube (freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Netizen di berbagai negara merasakan masalah tidak bisa memutar video karena Youtube down pada Kamis (12/11/2020) pagi. #YouTubeDown dirasakan para pengguna platfrom tersebut seluruh dunia.

"If you’re having trouble watching videos on YouTube right now, you’re not alone (Jika saat ini Anda mengalami masalah saat menonton video di YouTube, Anda tidak sendirian)," akun resmi @TeamYouTube di Twitter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pihak YouTube mengaku telah mengetahui masalahnya dan saat ini tengah berupaya menanggulanginya.

"Our team is aware of the issue and working on a fix. We’ll follow up here with any updates (Tim kami telah mengetahui masalah tersebut dan berupaya memperbaikinya. Kami akan menindaklanjuti di sini jika ada update)," tulis @TeamYouTube dilansir Detik.com.

Youtube Down, Pengguna Nggak Bisa Nonton Video

Sejauh ini, laporan di laman Downdetector pun masih banyak masuk, jumlahnya sudah lebih dari ratusan ribu pelapor. Sebaran #YouTubeDown pun hampir merata di seluruh benua di dunia.

Ini terlihat warna merah dan kuning yang menghiasi banyak titik di peta, mulai dari Amerika, Eropa, Afrika, Australia hingga Asia.

Berlangsung Cukup Lama

Berdasarkan data Downdetector, ada 286 ribu user Youtube di seluruh dunia yang mengalami masalah. Jumlahnya tentu lebih tinggi karena tidak semua terpantau oleh Downdetector.

Tumbangnya Youtube ini berlangsung cukup lama, ada yang menyebutkan sudah sampai 1 jam. Akan tetapi saat ini, sebagian melaporkan layanan Youtube sudah mulai kembali normal.

Anak Muda Hadir Sebagai Pahlawan Digital UMKM

Ini bukan pertama kalinya YouTube tumbang dan membuat penggunanya kelabakan mengingat populernya situs berbagi video itu. Pada Mei silam, YouTube melesat di daftar puncak trending topic Twitter karena juga terjadi masalah yang sama.

Sebaran lokasinya saat itu pun cukup merata. Ada di Amerika Serikat, sejumlah negara di Amerika Latin dan Eropa. Demikian pula di Jepang, Australia, Singapura dan Indonesia. Namun dibandingkan saat ini, gangguan Youtube down pada saat itu lebih singkat durasinya.

Jangan Bingung, Ini 7 Cara Cegah Kabel Rusak Akibat Gigitan Tikus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya