SOLOPOS.COM - Klarisa Ovedea Damayanti (kedua dari kanan), siswa SMK Bhakti Karya Karanganyar menjadi juara pertama LKS Asisten Keperawatan tingkat Kabupaten Karanganyar, Rabu (26/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Klarisa Ovedea Damayanti, siswa Kelas XII Jurusan Keperawatan SMK Bhakti Karya Karanganyar, menjadi juara pertama Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Asisten Keperawatan tingkat Kabupaten Karanganyar. Lomba ini digelar di SMK Bhakti Karya, Rabu (26/1/2022).

Klarisa menuntaskan empat materi lomba yang berkaitan dengan keperawatan. Yakni mengerjakan 50 soal, praktik memandikan pasien yang terbaring di tempat tidur, mengerjakan keperawatan dengan kasus yang telah ditentukan, serta mempresentasikan kasus tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Sekolah SMK Bhakti Karya, Sutarno, mengatakan Klarisa akan mewakili Karanganyar dalam lomba yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Prestasi Klarisa bisa menjadi motivasi bagi teman-temannya, jadi tidak merasa minder. Sehingga sikap mental anak-anak yang lain juga ikut termotivasi,” imbuhnya.

Baca Juga: Tak Setop PTM, Bupati Karanganyar: Siswa Lagi Senang-Senangnya Sekolah

Sementara itu, Klarisa mengatakan dalam persiapan lomba itu ia dibimbing empat guru. “Untuk LKS ini saya mempersiapkannya secara intensif dalam tujuh hari. Saya juga dibimbing empat guru saya. Saya mempelajari kasus-kasus keperawatan yang kemungkinan akan keluar saat diujikan dengan semua guru pembimbing. Saya juga mencari referensi lain di YouTube,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu guru pembimbing, Gejora Inaya mengatakan Klarisa memang siswa berprestasi di kelasnya. “Kendala saat mengajar Klarisa juga tidak ada karena dia merupakan siswa berprestasi di kelasnya. Kami hanya menyesuaikan ritme pembelajaran atau ritme untuk praktikumnya, jadi guru pembimbingnya dengan Klarisa saling menyamakan frekuensi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya