SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Harianjogja.com, SLEMAN – Sebanyak 85 siswa Sekolah Penerbang TNI AU mulai menjalani latihan survival dasar di JAZ Aero Wisata, Waduk Sempor, Gombong Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (2/12/2014) hari ini hingga Jumat (5/12/2014). Mereka dilatih untuk mendaratkan pesawat secara darurat di area musuh.

Dari 85 siswa itu, 50 siswa Sekbang Angkatan ke-89, kemudian 12 siswa Sekolah Navigator Angkatan ke-12 dan 23 siswa Sekbang Angkatan ke-90/PSDP Angkatan ke 29. Upacara pelepasan siswa dilaksanakan secara militer di Lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto, Rabu (26/11/2014) pekan lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Komandan Skadron Pendidikan 104 Lanud Adisutjipto Letkol Pnb Rizaldi Efranza, menjelaskan, latihan bertujuan mengasah kemampuan calon penerbang dalam menghadapi keadaan darurat. Karena kondisi darurat dapat sewaktu-waktu terjadi pada saat melaksanakan tugas penerbangan.

Dalam latihan itu, urainya, para siswa melaksanakan narasi sebuah tugas penerbangan di medan operasi. Akantetapi pesawat yang diawaki mereka ditembak musuh, hingga melaksanakan pendaratan darurat di daerah musuh.

Saat pendaratan, seluruh awak pesawat selamat. Kemudian melakukan prosedur SERE (Survival, Evasion, Resistance and Escape).

“Dalam narasi latihan itu, setelah melaksanakan SERE, crew pesawat mendapat hadangan dari musuh, sehingga dalam pelariannya para crew akhirnya mendapat bantuan dari pasukan kawan,” ungkapnya, Senin (1/12/2014).

Menurut Danlanud Adisutjipto Marsma Yadi I Sutanandika, latihan tersebut sangat penting. Karena dapat membekali calon air crew tentang pengetahuan dan ketrampilan dasar untuk mempertahankan hidup di darat maupun di air karena suatu kecelakaan penerbangan.

“Latihan semacam ini merupakan kegiatan wajib dan sesuai dengan program pendidikan yang telah ditetapkan melalui kurikulum yang sudah baku,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya