SOLOPOS.COM - Pelatih Persija Thomas Doll memberikan keterangan kepada pewarta usai memimpin latihan timnya di Nirwana Park, Bojongsari, Jawa Barat, Rabu (25/5/2022). (ANTARA/Michael Siahaan)

Solopos.com DEPOK—Sistem pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 menuai kritik. Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll menilai TC Timnas Indonesia U-19 yang kini berlaga di Piala AFF U-19 2022 terlalu lama.

“Tentu semua bisa pemain bisa memperkuat tim nasional, tetapi tidak selama dua bulanan juga,” ujar Doll seusai memimpin latihan timnya di Nirwana Park, Depok, Kamis (7/7/2022) dikutip dari Antara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Situasi tersebut, menurut juru taktik asal Jerman itu, merugikan para pemain muda klub-klub yang tengah mempersiapkan diri menuju Liga 1 Indonesia 2022-2023 termasuk Persija.

Baca Juga: Jadwal Grup A Piala AFF U-19 Hari Ini, Bigmatch Indonesia vs Thailand

Karena terlalu sibuk di Timnas U-19, Doll menyebut para pemain mudanya jadi tidak memiliki waktu berlatih bersama skuat utama Persija dan tidak berkesempatan untuk memahami filosofi permainan tim.

Nantinya, andai pun mereka kembali ke skuat Persija, anak-anak muda Macan Kemayoran dalam kondisi kelelahan akibat aktivitas padat bersama tim nasional.

“Mereka akan sangat kelelahan karena bermain di banyak laga, terbang dari satu negara ke negara lain. Mereka tidak pernah berlatih di tim utama kami. Saya sebagai pelatih baru Persija sudah berada di skuat selama enam minggu tetapi baru sekali bertemu mereka. Itu pun hanya sekadar menyapa, bukan berlatih,” tutur Doll.

Baca Juga: Jadwal & Klasemen Grup A Piala AFF U-19 setelah Indonesia Pesta Gol 7-0

Bagi Doll, situasi tersebut membuatnya sulit memberikan kesempatan kepada para pemain Persija di Timnas U-19 untuk berlaga di Liga 1.

Seharusnya, eks pelatih klub Borussia Dortmund itu melanjutkan, para pemangku kepentingan sepak bola Indonesia menjadikan klub sebagai pemoles bakat pemain muda yang nantinya dapat memperkuat timnas, bukan sebaliknya.

“Harus ada yang mengubah ini di masa depan. Kalau mau mendapatkan talenta-talenta terbaik, mereka seharusnya melihat ke tim utama klub,” kata Doll.

Baca Juga: Rekor Buruk Shin Tae-yong Bayangi Timnas Indonesia U-19 Hadapi Thailand

Mulai awal 2022, Timnas Indonesia U-19 memiliki agenda yang cukup rapat dari bulan ke bulan. Di skuat asuhan Shin Tae-yong itu, Persija selalu menjadi tim yang paling banyak menyumbang pemain.

Pada pertengahan Maret hingga April 2022, Timnas U-19 berangkat ke Korea Selatan untuk menjalani TC. Dalam kegiatan ini, Timnas U-19 diperkuat delapan pemain Persija.

Kemudian, setelah beristirahat sejenak, mulai pertengahan Mei 2022, Timnas U-19 kembali melakukan TC, kali ini di Jakarta, untuk persiapan Turnamen Toulon di Prancis. Di sini, tercatat Persija mengirimkan sembilan pemain.

Baca Juga: Thomas Doll Malah Tak Targetkan Persija Juara Liga 1 2022/2023

Kemudian, pada akhir Mei 2022, Timnas U-19 terbang ke Prancis untuk berkompetisi di Turnamen Toulon hingga Juni 2022. Dari 22 pemain Indonesia yang terlibat dalam kompetisi itu, enam di  antaranya merupakan perwakilan Persija.

Beberapa hari setelah tiba dari Prancis, 30 pemain Timnas U-19 mengikuti TC di Jakarta untuk Piala AFF U-19 2023. Dari total itu, enam nama berasal dari Persija.

Sampai akhirnya PSSI menentukan 28 pemain untuk Piala AFF U-19 2022 yang dimulai 2 Juli 2022 di Indonesia, Persija tetap menempatkan enam pemain yang beberapa di antaranya, seperti Cahya Supriadi (kiper) dan bek Muhammad Ferarri, menjadi pilar di skuat berjuluk Garuda Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya