SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kurikulum 2013 (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi (JIBI/Dok)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Pakar pendidikan yang juga Rektor Universitas PGRI Semarang,Muhdi, menegaskan Presiden Joko Widodo harus segera membenahi karut marut implementasi kurikulum 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau menurut saya, kurikulum 2013 kalau dijalankan sudah bagus. Persoalannya, kan pada implementasinya yang masih kacau balau karena tergesa-gesa dilakukan,” katanya seperti dikutip Antara, Rabu (22/10/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Sekretaris Umum PGRI Jawa Tengah itu, implementasi kurikulum baru selama ini terkendala distribusi buku dan kesiapan guru dalam mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.

Ia berharap penerapan kurikulum 2013 bisa segera dibenahi agar hasil pembelajaran sebagaimana diharapkan bisa berhasil, jika ada kekurangan dibenahi, dan jika ada kelebihan harus dipertahankan.

“Kalau memang Pak Jokowi menganggap penerapan kurikulum 2013 belum siap, ya, bisa dikembalikan dulu ke kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), sementara menunggu kesiapan kurikulum 2013,” katanya.

Muhdi mengatakan peran guru dalam kesuksesan penerapan kurikulum sangatlah penting sehingga tenaga pendidikan harus benar-benar disiapkan, termasuk sarana dan prasarana pendidikan yang lain.

Proses pembelajaran, kata dia, memang harus dititikberatkan pada pembentukan mental, karakter, dan kepribadian yang baik, bukan semata mementingkan pada aspek akademis atau keilmuan.

“Saya rasa sejalan dengan apa yang diprogramkan Pak Jokowi, yakni revolusi mental. Tujuan utamanya, ya, kurikulum itu untuk pembentukan sikap para peserta didik. Itu sangat penting,” katanya.

Ia mengatakan kondisi bangsa sekarang ini menuntut upaya pembentukan sikap melalui sistem pembelajaran, sementara selama ini sistem pembelajaran cenderung hanya diarahkan ke aspek keilmuan.

Apalagi, kata dia, proses pembelajaran yang dilakukan sekian tahun ternyata dievaluasi dengan ujian nasional (UN) sehingga tidak sinkron jika melihat semangat diterapkannya kurikulum 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya