SOLOPOS.COM - Kontingen Kamboja melintas di depan panggung utama saat defile penutupan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion Manahan, Sabtu (6/8/2022) malam. APG XI 2022 diselenggarakan mulai 31 Agustus hingga 6 Agustus 2022. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – ASEAN Para Games (APG) Solo 2022 secara resmi telah ditutup oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Manahan pada Sabtu (6/8/2022) malam. Penyelenggaraan APG memenuhi empat sukses seperti yang disampaikan oleh Menpora, Zainudin Amali.

Pemerintah menargetkan empat sukses yang harus diraih selama pelaksanaan APG. Empat sukses itu yakni sukses penyelenggaraan, prestasi, admninistrasi, dan sukses ekonomi. Tak hanya itu, APG juga berhasil memperjuangkan hak-hak kaum disabilitas untuk mendapatkan kesetaraan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Kemenpora, Chandra Bakti, mengatakan APG selalu dilaksanakan beriringan dengan SEA Games. APG pertama digelar 2001 di Malaysia dan terakhir digelar 2017 di Malaysia. Namun, pandemi membuat APG ditunda lalu dibatalkan.

“Presiden menyetujui Indonesia mengambil alih gelaran tuan rumah. Sejarah mencatat akses disabilitas di Solo, apalagi Solo 2011 menjadi tuan rumah. Ketika ditetapkan di Solo, semua akses Solo ada ramah disabilitas,” kata dia.

Ia menambahkan Solo menjadi tuan rumah dalam waktu singkat sukses menjadi tuan rumah. “Sesungguhnya kebijakan pemerintah Indonesia dan Pemkot Solo benar-benar mewujudkan kesetaraan atlet normal dan disabilita. Di Solo kesetaraan bukan hal yang baru lagi. Mas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka layak diapresiasi.”

Baca Juga: Atlet Asean Para Games XI Solo 2022: Pulang, Berburu Suvenir di Bandara

“Seluruh negara sangat mengapresiasi. Saya kira ini hasil kerja konkret. Kontribusi lintas kementerian,” imbuh dia.

Catatan prestasi, Indonesia sukses menjadi juara umum. Dia melihat dampak ekonomi sangat besar di Solo. Penyedia makanan, sewa kendaraan, hingga hotel sangat merasakan dampak ini. Terkait administrasi, semuanya berjalan tertib dan transparan. Sejak awal, Kejaksaan Agung mengawal jalannya APG ini. Kesuksesan itu jangan sampai tercederai hal-hal bersifat administrasi.

Staf Presiden Republik Indonesia, Angkie Yudistia, mengatakan APG telah berjalan sukses memenuhi empat sukses di Solo. Pemerintah Indonesia merasa bertanggungjawab terhadap penyandang disabilitas dalam pesta olahraga.

“Presiden akan hadir mengapresiasi seluruh pihak. Yang lebih membahagiakan kita tak sekadar tuan rumah, tapi prestasi dengan juara umum,” kata Angkie.

Baca Juga: Semifinal Piala AFF U-16: Indonesia Vs Myanmar, Thailand Vs Vietnam

Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong menyoroti dua aspek kesuksesan.

Kesuksesan APG dinilai dari dua segi yakni penyelenggaraan dan prestasinya. Ia mengatakan Indonesia khususnya Kota Solo berhasil menyelenggarakan event itu dengan persiapan tak lebih dari setengah tahun usai ditunjuk menggantikan Vietnam sebagai tuan rumah.

“Dua hal itu yang paling tidak menjadi poin penting dari kesuksesan penyelenggaraan APG bagi pemerintah dan ini juga pada ujungnya menjadi nation branding, jadi Indonesia ini di mata luar negeri, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” kata dia.

Baca Juga: Klasemen Akhir Grup A, B, C, Jadwal Semifinal dan Final Piala AFF U-16

Staf Khusus Menpora Bidang Kreativitas dan Inovasi Milenial, Alia Noor Ayu Laksono, mengatakan APG sangat menunjukkan Indonesia mampu menyelenggarakan gelaran olahraga nasional. Empat sukses itu seluruhnya telah menggambarkan gelaran APG di Solo ini.

“Saya melihat atlet langsung, performa sangat bagus. Olahraga tim memiliki komunikasi yang sangat bagus. Pengendalian mental sangat terlatih. Solidaritas terlihat saya sangat bangga,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya