Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Sirup Kawista, Java Cola Khas Rembang

Sirup buah kawista disebut juga java cola menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Rembang, Jawa Tengah yang diburu setiap lebaran.
SHARE
Sirup Kawista, Java Cola Khas Rembang
SOLOPOS.COM - Buah Kawista atau wood apple. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Sirup buah kawista disebut juga java cola menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Rembang, Jawa Tengah yang diburu setiap lebaran.

Sirup buah kawista terbuat dari buah kawista. Bentuk buah kawista menyerupai melon, namun ukurannya lebih kecil. Kulit buah kawista keras. Buah kawista disebut juga java cola karena rasanya mirip cola atau sarsaparilla.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Buah kawis merupakan kategori jeruk-jerukan. Ukuran buahnya sedikit lebih besar dari jeruk kebanyakan. Bentuknya berkerut dengan warna kulit coklat keabu-abuan dan isinya berbulir warna hitam kecoklatan, tetapi tidak bersekat seperti jeruk.

Baca Juga : Lontong Tuyuhan Khas Rembang Penuh Makna

Buah yang memiliki nama latin limonia acidissima synferonia ini juga memiliki aroma khas dan memang cukup banyak dijumpai di Rembang. Buah kawista bisa diolah menjadi sirup, limun, madu mongso, kecap, dan selai. Namun, yang menjadi produk unggulan adalah sirup buah kawista.

Dilansir dari laman kemendikbud.go.id, sirup kawista ditetapkan menjadi salah satu warisan budaya takbenda. Buah kawista atau kawis ini dipercaya mempunyai manfaat mengobati penyakit panas, sebagai tonikum dan obat sakit perut. Sirup kawista yang terkenal di Rembang adalah produksi Dewa Burung.

Baca Juga : Perahu Kuno Rembang, Jejak Pelaut Nenek Moyang Orang Indonesia

Sebenarnya, ada pengusaha lain yang juga memproduksi sirup kawista, yaitu Imam Tohari di Desa Gegunung Kulon, Jalan Gajah Mada, Gg Dorongan Tengah No.7 Rembang. Sirup buah kawista Dewa Burung merupakan produk home industry yang dikelola oleh Nyoo Tiam Kiem.

Produk sirup buah kawista Dewa Burung yang asli hanya dijual di Rembang. Namun, di luar daerah seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Palembang dan lain-lain sering memesan ke Rembang dan dijual di tempat tersebut.

Home industry sirup buah kawista Dewa Burung selalu berproduksi. Jumlah produksi tergantung permintaan. Namun, produksi meningkat menjelang lebaran.

Baca Juga : Sate Blater Khas Purbalingga, Enak Gurih Nyoi…

Rasa sirup buah kawista berbeda dari sirup buah lain. Sirup buah kawista memiliki gabungan rasa manis, sepat, pahit, dan segar. Sirup buah kawista dibuat dari ekstrak. Proses mengekstrak merupakan rahasia perusahaan karena ini yang membedakan olahan kawista dengan produk lain. Ekstrak buah kawista dicampur dengan gula tebu yang dicairkan.

Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Rembang akan memilih sirup kawis sebagai oleh-oleh lebaran. Dilansir dari Antara, sirup buah kawista menjadi produk khas yang sudah dikenal sampai Finlandia dan Amerika.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode