Sirkuit Mandalika Lombok: Semua yang Terbaik di Dunia Ada di Sini

Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, NTB, memadukan berbagai hal yang terbaik di dunia di dalamnya.
Sirkuit Mandalika Lombok: Semua yang Terbaik di Dunia Ada di Sini
SOLOPOS.COM - Aspal di Sirkuit Mandalika Lombok. (MotoGP)

Solopos.com, LOMBOK — Sirkuit Internasional Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) disebut sebagai yang terbaik di dunia. Mengapa demikian?

PromosiHari Privasi Data Pengingat Urgensi Pengesahan Segera RUU PDP

Wilayah Mandalika yang menghadap langsung ke Samudra Hindia ini berdiri di lahan seluas 1.035,67 hektare. Hal ini menjadikan Mandalika sebagai salah satu destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat potensial, apalagi dengan kehadiran sirkuit bertaraf internasional tersebut.

Dikutip dari Kemenparekraf.go.id, Minggu (3/10/2021), pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok sudah hampir rampung. Pihak pengembang pun optimistis dapat menyelenggarakan ajang balap motor bergengsi World Superbike dan MotoGP.

Sirkuit Mandalika Lombok dibangun dengan kelas dunia dengan panjang lintasan 4,31 km dan 17 tikungan yang siap ditaklukkan para pembalap kelas dunia. PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC) mendatangkan aspal khusus dari Inggris untuk lapisan paling atas trek.

Baca juga: Ini Arsitek Sirkuit Mandalika Lombok, Pantesan Keren

Aspal Terbaik

Kabarnya aspal di Sirkuit Mandalika ini jauh lebih bagus daripada di Sirkuit Sepang Malaysia. Sirkuit ini menggunakan aspal terbaru Stone Mastic Asphalt (SMA) dan disebut merupakan yang terbaik di dunia.

SMA merupakan merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Lapisan aspal ini diperuntukkan demi memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan agar tetap kuat dengan prinsip kontak stone by stone untuk memperkuat struktur lapisan meski volume aspalnya sedikit.

Aspal jenis ini membuat jalanan lebih mulus, sehingga pembalap tidak mudah tergelincir saat kondisi hujan dan mengurangi risiko pembalap jatuh saat melintas di trek basah.

Untuk mendukung penggunaan SMA ini, pihak pengembang mendatangkan batu Tau agregat kasar dari Palu, Sulawesi Tengah yang terkenal dengan kekerasannya.

Baca juga: Jangklong, Umbi Khas Lereng Gunung Muria

Selain itu, pihaknya juga mendatangkan Additives Cellulose Fiber dari Jerman untuk bisa merekatkan batu dan aspal serta Limestone filler yang berasal dari Ponorogo dan Probolinggo, Jawa Timur.

“Jadi kita bawak yang terbaik di dunia untuk sirkuit Mandalika,” kata Direktur Konstruksi dan Pengembangan MGPA, Dwianto Eko Winaryo, seperti dikutip dari Okezone.com.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer, menyatakan pekerjaan penghamparan aspal pada main track menggunakan 3 unit alat finisher dengan teknologi satelit yang menjamin kualitas permukaan dan kemiringan sesuai desain, serta diawasi langsung oleh tenaga profesional.

Hal ini menjadikan Mandalika International Street Circuit sebagai salah satu sirkuit yang bisa menawarkan kecepatan 330 kilometer per jam dengan tetap memiliki tingkat keamanan yang tinggi bagi pembalap.

Baca juga: Berkelas Internasional, Balapan di Sirkuit Boyolali Cuma Rp15.000

Arsitek Terbaik

Sosok arsitek yang merancang desain Sirkuit Mandalika Lombok, NTB, mencuri perhatian pembalap Valentino Rossi. Siapakah arsitek yang menciptakan keindahan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah ini?

Dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (3/10/2021), arsitek Sirkuit Mandalika Lombok berasal dari Inggris. Perusahaan dari Inggris, Populous ditunjuk sebagai pengembang sirkuit dengan 17 tikungan ini.

“Kami percayakan kepada Populous, mereka sudah memiliki nama besar untuk membangun venue olahraga di seluruh dunia,” jelas Direktur Indonesia Tourisme Development Corporation (ITDC), Abdulbar Mansoer, Senin (25/2/2019) silam.

Populous merupakan perusahaaan yang sudah berpengalaman dan kerap menggelar acara internasional di bidang olahraga, salah satunya adalah membangun Stadion Wembley.

Baca juga: Rasa Teh di Solo Ternikmat No Debat, Sepakat?

Memiliki keindahan hasil arsitek Populous, kawasan Mandalika Lombok termasuk sirkuit merupakan salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas dari Kementerian Pariwisata dan layak menjadi lokasi wisata olahraga atau sport tourism.

Sebelumnya ITDC juga sempat dikabarkan menggandeng Vinci Cosntruction yang merupakan investor asal Prancis untuk membangun Sirkuit Mandalika Lombok.

Seperti diketahui, pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah ini sedang dikebut. Sirkuit ini akan menjadi venue berbagai ajang balapan kelas dunia.

Oleh sebab itu, sirkuit tersebut dibangun dengan dana jor-joran. Semua fasilitasnya dibuat dengan kelas 1, mulai dari heliped, medical center, hingga lintasan dengan aspal terbaik demi mendukung balapan.

 


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago