SOLOPOS.COM - Foto udara tikungan kelima dan tikungan keenam lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Solopos.com, SOLO – Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dipastikan akan menggelar World Superbike (WSBK) pada tahun ini. Presiden Joko Widodo memberi arahan terkait jumlah penonton yang diperbolehkan hadir.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Menurut Airlangga, Presiden Jokowi menginstruksikan agar World Superbike di Sirkuit Mandalika bisa dihadiri 20-25 persen penonton.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Tak Cuma Moto GP, Sirkuit Mandalika Juga Bisa Bawa F1 ke Indonesia

“Kita ada kegiatan nasional Superbike di Mandalika. Nah, sekarang kami sedang cek di lapangan karena itu arahan dari Bapak Presiden ada penonton 20 sampai 25 persen,” kata Airlangga seperti dikutip dari detik.com, Selasa (28/9/2021).

Kendati demikian, tak sembarang orang bisa menonton World Superbike nantinya. Ada persyaratan tertentu agar bisa melihat balap motor kelas internasional tersebut.

“Dan persyaratan untuk ditonton adalah masyarakat di sekitar kota tempat pelaksanaan kegiatan sudah disuntik 70 persen untuk dosis pertama. Suntikan kedua tentu ditingkatkan. Tapi yang nonton dipersyarakatkan sudah dua kali disuntik [vaksinasi Covid-19]. Tinggal kita menjaga ring keamanan di pertandingan karena ini jadi tantangan tersendiri dari segi keamanan dan kesehatan,” lanjut Airlangga.

Baca Juga: Profil Mick Doohan, Legenda Moto GP yang Kagum dengan Sirkuit Mandalika

Seperti diketahui, World Superbike bakal digelar di Sirkuit Mandalika pada tahun ini. Awalnya, WSBK putaran Indonesia ini akan dilangsungkan pada 12-14 November. Namun kemudian diundur menjadi 19-21 November 2021.

Pengunduran jadwal itu dilakukan dengan alasan logistik dan juga pengiriman barang. Selain itu balapan ini diundur bukan hanya karena faktor teknis namun juga agar pelaksanaannya tidak bersamaan dengan final Moto GP yang berlansung di Valencia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya