SOLOPOS.COM - Ilustrasi desa wisata. (Antara/Dedhez Anggara)

Solopos.com, PATIKabupaten Pati di Jawa Tengah (Jateng) memiliki 12 desa wisata baru. Ke-12 wisata baru ini diresmikan dalam sebuah acara di Bukit Pengusen, Desa Gulongpongge, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati, Sabtu (21/5/2022).

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Purwanto, berharap ke-12 desa wisata ini bisa terus melakukan inovasi guna meningkatkan daya tarik wisata. Menurutnya, desa wisata yang hanya mengandalkan objek wisata di daerahnya saat ini sudah banyak. Oleh karenanya, keberadaan desa wisata harus didukung dengan berbagai inovasi terutama terkait kebudayaan lokal dengan melibatkan warga desa setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tidak menjual tiket. Tetapi harus ada paket, ada bersepeda, berkeliling kampung dan dipandu oleh pemandu wisata. Ini harus gotong royong agar desa wisata dilirik wisatawan,” ujar Purwanto, dikutip dari Murianews.com, Sabtu.

Senada disampaikan Bupati Pati, Haryanto, yang meminta pengelola desa wisata harus terus mengembangkan potensi desanya. Dengan demikian, wisatawan yang berkunjung ke desa itu tidak akan pernah kapok dan kembali datang ke desa tersebut.

“Jangan sampai wisatawan datang sekali. Kalau bisa ketagihan. Di Bali alam ditata. Di sini alam mendukung dana desa bisa digunakan pengembangan desa wisata,” kata Haryanto.

Baca juga: Wow.. Perputaran Uang Desa Wisata di Sragen Capai Puluhan Juta/Hari

Ia menilai pengembangan desa wisata ini butuh peran serta semua masyarakat. Bila hal ini tidak dilakukan maka desa wisata sulit bertahan. Untuk itu, Haryanto meminta Dinporapar Kabupaten Pati mendampingi desa wisata.

“Buatlah event yang menarik yang bisa membuat wisatawan tertarik. Harus studi wisata desa yang berkembang agar lebih bagus. Disporapar harus mendampingi jangan dibiarkan. Yang kurang apa dibenahi agar menjadi baik,” tuturnya.

“Jangan hanya puas di sini saja tetapi harus berkarya terus. Tidak hanya wisata lokal yang datang tetapi juga wisata luar,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya