SOLOPOS.COM - Timnas Inggris lolos ke perempat final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Jerman. (Reuters/Catherine Ivill)

Solopos.com, LONDON—Inggris difavoritkan melaju ke final Euro 2020 setelah mengalahkan Jerman 2-0 pada babak 16 besar Euro 2020 yang berakhir Rabu (30/6) dini hari WIB. Pada laga di Stadion Wembley, London, tersebut Raheem Sterling dan Harry Kane menyumbangkan gol untuk Three Lions pada menit 75 dan 79.

Berkat kemenangan ini, Inggris lolos ke perempat final dan akan bersua Ukraina di babak tersebut. Ukraina di lura dugaan menyingkirkan Swedia 2-1 lewat babak perpanjangan waktu, Rabu (30/6) dini hari WIB.

Terhitung sejak Piala Eropa 2008, tim yang mengalahkan Jerman selalu menapaki partai final. Pada Euro 2008, Jerman lolos ke final dan bertemu Spanyol. Setelah melalui 90 menit pertandingan, Spanyol menang 1-0 via gol tunggal Fernando Torres.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: 16 Besar Rampung, Ini 8 Tim Lolos ke Perempat Final Euro 2020

Kemudian di Piala Eropa 2012, Italia mengalahkan Jerman 2-0 di semifinal. Alhasil, Italia pun lolos ke final Piala Eropa 2012. Sayangnya, di partai puncak Gli Azzurri -julukan Italia– dihajar Spanyol 0-4.

Selanjutnya di Piala Eropa 2016, giliran Prancis yang mengalahkan Jerman 2-0 di semifinal. Gol-gol Prancis saat itu dilesakkan Antoine Griezmann. Sayangnya, Prancis kalah 0-1 dari Portugal meski partai puncak dilangsungkan di kandang mereka sendiri.

Melihat siklus di atas, seharusnya Inggris bisa melaju ke final Piala Eropa 2020. Namun, untuk menjadi juara Inggris butuh memutus kutukan di atas.

Baca Juga: Inggris 2-0 Jerman: Three Lions ke Perempat Final Tanpa Kebobolan

 

Belgia atau Spanyol

Sebab, tim yang mengalahkan Jerman selalu tumbang saat mentas di final, terhitung sejak Piala Eropa 2012. Jika melihat kondisi saat ini, Belgia dan Spanyol merupakan calon lawan Inggris di final Piala Eropa 2020.

Andai bertemu Belgia, Inggris wajib waspada. Sebab dalam empat pertemuan terakhir kontra De Rode Duivels -julukan Belgia, Inggris hanya menang satu kali dan kalah tiga kali!

Namun, jauh sebelum partai final, Inggris akan lebih dulu melakoni partai perempat final kontra Ukraina pada Minggu 4 Juli 2021 pukul 02.00 WIB. Jika memenangkan laga ini, Inggris akan menghadapi pemenang laga Republik Cheska vs Denmark di semifinal Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Swedia 1-2 Ukraina: Kejutan Penutup 16 Besar, Ukraina Tantang Inggris di Perempat Final

Jika melihat calon lawan, Inggris mempunyai peluang tampil di partai puncak. Gelar juara pun terasa dekat bagi Inggris, karena semifinal dan final Piala Eropa 2020 dilangsungkan di kandang mereka, yakni Stadion Wembley.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya