Sinergi PLN dengan Pemerintah & Industri Siap Sambut Investor di Jateng-DIY

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (DIY) sukses menggelar Priority Customer Gathering di Harris Hotel Semarang, Jumat (2/12/2022).

Sabtu, 3 Desember 2022 - 15:39 WIB Penulis: Bc Editor: Anik Sulistyawati | Solopos.com

SOLOPOS.COM - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (DIY) menggelar Priority Customer Gathering di Harris Hotel Semarang, Jumat (2/12/2022).(Istimewa)

Solopos.com, SOLO — PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (DIY) sukses menggelar Priority Customer Gathering di Harris Hotel Semarang, Jumat (2/12/2022).

Pada Priority Customer Gathering Tahun 2022 ini, General Manager PLN UID Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (DIY) AB Wahyu Jatmiko menyampaikan PLN berkomitmen mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama di Jawa Tengah dan DIY.

Acara tersebut juga merupakan bentuk apresiasi PLN kepada Konsumen Tegangan Tinggi (KTT) dan Konsumen Layanan Prioritas yang memiliki sumbangsih lebih dalam membangun Jateng dan DIY

.”Silakan fokus memajukan industri, urusan kelistrikan serahkan pada Kami. Kami di sini tidak sendiri, di sini ada PLN Unit Transmisi, PLN Unit Pengatur Beban, anak perusahaan seperti PT. Haleyora Power dan ICON+ yang siap menyediakan layanan kelistrikan dengan konsep one stop solution termasuk layanan operasi pemeliharaan, instalasi listrik, dan internet,” kata Jatmiko dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Baca Juga: PLN Nyalakan Serentak 224 Pelanggan Sektor Agrikultura, Petani Bawang Bahagia

Saat ini PLN Unit Induk Distribusi Jateng & DIY memiliki 10 Konsumen Tegangan Tinggi dari 8 perusahaan besar di Indonesia baik swasta maupun BUMN.

Total daya dari 10 konsumen tegangan tinggi ini adalah sebesar 439,5 MVA, dengan konsumsi listrik hingga Oktober 2022 mencapai 987,2 GWh yang berkontribusi terhadap pertumbuhan pemakaian tenaga listrik sebesar 4,86% dibanding year over year tahun 2021.

Pertumbuhan pemakaian tenaga listrik tersbut merupakan salah satu penopang perekonomian di wilayah provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta menjadi semakin menggeliat.

Pembangunan ketenagalistrikan pelanggan-pelanggan infrastruktur terus dilakukan untuk memenuhi permintaan yang semakin besar. Terutama dengan masuknya beberapa Kawasan-kawasan industri baru seperti Kawasan Industri Terpadu Batang, Kawasan Industri Kendal, Kawasan Industri Segayung Batang dan Kawasan Industri Sayung Demak yang akan menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi khususnya di Jateng dan DIY.

Baca Juga: PLN Salatiga Sosialisasikan Listrik Premium, Listrik Tanpa Padam

Kepala Dinas ESDM Provinsi Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko menyambut baik kegiatan Priority Customer Gathering yang dilakukan PLN.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja PLN saat ini yang sangat mendukung investasi di Jawa Tengah, dengan berbagai program unggulan seperti REC (Renewable Energy Certificate) dengan memberikan jaminan listrik berkualitas yang bersumber dari Energi Baru Terbarukan, yang tentu akan membuat produk anda laris di pasar internasional,” ujarnya.

Sujarwanto juga menjelaskan tentang layanan listrik premium dari PLN yang secara akumulatif penghematannya bisa menjadi sangat besar, sehingga pelanggan tidak perlu mengeluarkan investasi pada pembangkit cadangan.

Baca Juga: Peringati Hari Menanam Pohon 2022, PLN Tanam 19.000 Pohon di Sejumlah Wilayah

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Sistem Manajemen anti Penyuapan (SMAP) bersama stakeholder dan penandatanganan nota kesepahaman penyediaan listrik dengan dua pelanggan potensial tegangan tinggi.

Kedua pelanggan tersebut yaitu PT Aneka Gas Industri, Tbk yang akan membuka plant baru di Kawasan Industri Terpadu Batang dengan daya 23,2 MVA, Jatengland Industrial Park Sayung Demak dengan daya 27 MVA yang kedua nya akan dibangun di tahun 2024.

Ke depan PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah & DIY bersama jajaran PLN Group, jajaran Pemerintah Daerah seperti Dinas ESDM, DPMPTSP dan BAPPEDA siap bersinergi menyambung beberapa pelanggan potensial.

Sementara itu, Tonny Santoso, General Manager PT Semen Grobogan juga menyampaikan apresiasi pada PLN.

“Terima kasih atas pelayanan terbaik PLN mulai dari diberikan pembangunan Gardu Induk di tempat kami hingga saat ini. Hanya ada satu kata untuk PLN. PLN terbaik,” ujarnya.

Dalam acara ini General Manager Utilitas PT Sritex, Vinantius Trias, juga menyampaikan dengan pelayanan yang semakin baik diharapkan mendukung pemulihan perekonomian Indonesia.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif