SOLOPOS.COM - Petugas Dishub Sukoharjo mengatur pengguna motor saat sosialisasi penerapan pembatasan jarak antar kendaraan di Simpang Lima Sukoharjo pada Rabu (10/6/2020). (Solopos/Indah Septiyaning W)

Solopos.com, SUKOHARJO — Ruas Jalan Veteran mulai dari simpang lima Sukoharjo hingga simpang empat Carikan bakal ditutup mulai pukul 19.00 WIB saat malam Tahun Baru. Kebijakan ini dilakukan guna mengantisipasi kerumunan massa yang berisiko terjadi penularan Covid-19 saat perayaan detik-detik pergantian tahun.

Jl Veteran merupakan salah satu lokasi keramaian saat perayaan malam pergantian tahun di Sukoharjo. Sebelum pandemi pada 2020, masyarakat tumpah ruah di Alun-alun Satya Negara yang terletak di pinggir Jl Veteran. Mereka berkumpul bersama keluarga demi menonton pesta kembang api di Alun-alun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tahun ini, pemerintah melarang beragam kegiatan masyarakat yang berpotensi memicu kerumunan massa saat malam Tahun Baru. Misalnya, pesta kembang api, konser musik, dan event lainnya.

Baca Juga: Baru Tiba, 3 Bocah SD Langsung Divaksin Covid-19 di Terminal Sukoharjo

“Jalan Veteran ditutup mulai pukul 19.00 WIB. Petugas bakal memblokade ruas jalan di sisi timur dan barat. Mereka berjaga di sekitar simpang lima Sukoharjo saat malam Tahun Baru,” kata Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Heldan Pramoda Wardana, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, kepada Solopos.com, Rabu (29/12/2021).

Satlantas telah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan akibat penutupan Jl Veteran. Arus lalu lintas bakal dialihkan melewati Jl Jaksa Agung atau depan Mapolres Sukoharjo menuju Jl Jenderal Sudirman.

Baca Juga: Dari PO ke PO, Petugas Gabungan Sukoharjo Cek Kesehatan Awak Bus

Kawasan Solo Baru

Selain Simpang Lima Sukoharjo, ruas Jl Ir Soekarno mulai dari Tanjunganom hingga Bundaran Pandawa kawasan Solo Baru juga ditutup saat Malam Tahun Baru. “Untuk sementara ruas jalan yang dipastikan ditutup hanya Jl Veteran. Kami masih menunggu petunjuk dari pimpinan terkait penutupan ruas jalan lainnya seperti di Jl Ir Soekarno,” katanya.

Kasatlantas menyebut petugas juga berpatroli keliling untuk menegakkan protokol kesehatan di sejumlah ruas jalan protokol saat malam pergantian tahun. Apabila ada kerumunan massa, petugas bakal mengedukasi masyarakat untuk pulang ke rumah masing-masing demi keselamatan dan kesehatan anggota keluarga.

Baca Juga: Pelaku Perjalanan Diperiksa Lebih Ketat saat Masuk Wilayah Sukoharjo

Kendati kasus Covid-19 turun namun potensi penularan virus masih bisa terjadi apabila abai protokol kesehatan. “Masyarakat diimbau untuk merayakan Malam Tahun Baru bersama keluarga di rumah. Silakan beraktivitas di rumah saja,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, FX Toni Sri Buntoro, menyatakan telah menyosialisasikan rencana penutupan Jl Veteran kepada para pedagang kaki lima (PKL) dan pertokoan. Penutupan jalan bagian dari upaya pencegahan persebaran pandemi Covid-19 saat malam Tahun Baru. Pemerintah tak ingin terjadi lonjakan kasus Covid-19 pada Juni-Juli yang banyak merenggut korban jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya