SOLOPOS.COM - Situasi arus lalu lintas di Viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, Rabu (8/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dua proyek infrastruktur di jalur vital Kota Solo yaitu Simpang Joglo dan viaduk Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, bakal dikerjakan dalam waktu dekat. Kedua proyek itu mengakibatkan penutupan total jalan selama kurang lebih tiga bulan.

Meski waktunya tidak bersamaan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan sejumlah langkah dan strategi komunikasi dan sosialisasi agar masyarakat bisa melakukan langkah antisipasi yang dibutuhkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Langkah tersebut yakni pertama, melakukan edukasi berkelanjutan tentang urgensi pembangunan melalui konten media sosial dan media briefing.

Kedua, update informasi progres dan tahapan pembangunan secara berkala serta potensi dampak dan penanganannya melalui konten media sosial dan media briefing.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketiga, kolaborasi dengan operator, komunitas, pengamat transportasi, Pemerintah Provinsi Jateng, dan Pemkot Solo. Keempat, event activation, antara lain sosialisasi mengenai penutupan kawasan Simpang Joglo dan viaduk Gilingan di Solo Car Free Day (CFD), mal, serta pemanfaatan Key Opinion Leader.

Baca Juga: Banyak Proyek Bikin Solo Terancam Macet Parah, Ini Saran Para Ahli

Kelima, sosialisasi melalui media massa elektronik, antara lain radio, videotron, dan siaran TV lokal. Hal itu disampaikan saat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau simpang Joglo, Solo, Minggu (7/8/2022) siang.

Dokumen Tahapan

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Tengah Putu Sumarjaya juga membagikan dokumen tahapan dan timeline pekerjaan rel layang Joglo. Data itu juga menjelaskan pekerjaan viaduk Gilingan Solo dimulai Agustus 2022.

Ada sistem buka tutup di Jl A Yani pada Agustus 2022 sampai Februari 2023. Sementara penutupan total Jl A Yani dilakukan Februari-April 2023.

Kemenhub menyiapkan rute pengalihan, di antaranya kendaraan dar arah barat (Jakarta/Yogyakarta) yang  melintas viaduk Gilingan dialihkan lewat Jl A  Yani-Jl Letjen S Parman-Jl Monginsidi-Jl A Yani.

Baca Juga: Simpang Joglo Solo Ditutup 3 Bulan, Ini Rute Pengalihan Kendaraan Berat

Selanjutnya kendaraan dari arah timur (Karanganyar/Kawasan Palur) yang menuju viaduk Gilingan Solo dialihkan lewat Jl A Yani-Jl  Monginsidi-Jl Letjen S Parman-Jl A Yani.

Kemudian kendaraan dari timur yang akan menuju Purwodadi dialihkan lewat Jl A Yani-Perempatan Mojosongo-Jl Letjen Sutoyo-Jl Sumpah Pemuda-Jl Solo-Purwodadi.

Di sisi lain, penutupan total simpang Joglo akan berlangsung Agustus-Oktober 2023. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta warga bersabar selama proses pembangunan. “Harapannya ini selesai sesuai deadline yang telah ditetapkan dan insyaallah kemacetan seperti sekarang tidak ada lagi,” jelasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya