SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Salah satu dampak pandemi Covid-19 rusaknya keamanan finansial banyak orang. Namun ada beberapa langkah yang dapat dipertimbangkan untuk mengelola uang gaji yang nilainya kritis versi pandemi.

Berdasarkan laporan survei Job Street yang dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Covid-19 telah sangat memengaruhi kehidupan 86% karyawan di Indonesia. Dampak terbesar yang dirasakan oleh 56% pekerja, terutama mereka yang bekerja di perusahaan kecil dan di sektor pendidikan, adalah pada pengurangan remunerasi gaji atau pendapatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebanyak 34% karyawan mendapatkan lebih sedikit atau sama sekali tidak mendapatkan bonus, 31% mengalami pengurangan gaji, dan 29% belum menerima kenaikan gaji mereka. Dari pekerja yang terkena pemotongan gaji, 43% di antara mereka terkena pemotongan hingga 30% dari besaran gaji sebelum pandemi.

Benda Ini Kata Fengsui Buka Keberuntungan

Sebagaimana dipaparkan Job Street, berikut ini beberapa tips praktis menghindari kesulitan keuangan uang gaji seusai pemotongan akibat pandemi Covid-19:

Periksa Status Keuangan & Perilaku Pengeluaran

Hitung berapa banyak tabungan serta penghasilan Anda saat ini dan bandingkan dengan pengeluaran yang penting, seperti biaya kebutuhan dasar, listrik, air, tagihan, dan pinjaman. Kemudian buat perencanaan anggaran yang sesuai dan patuhi. Hal ini akan membuat Anda belajar mengeliminasi pengeluaran yang tidak penting dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Pertimbangkan Penggunaan Aplikasi Budgeting

Buat sebuah spreadsheet untuk memantau keuangan, atau lebih baik lagi, unduh aplikasi yang dapat melakukannya secara otomatis. Aplikasi pelacakan anggaran (budget tracking app) berfungsi seperti pengelola keuangan pribadi, sehingga Anda dapat mengatur keuangan dengan cepat, mudah, dan bebas dari stres.

Bikin Simpanan Dana Darurat

Bukan sebuah hal yang mustahil untuk membuat simpanan dana darurat di tengah pandemi. Setelah melakukan kalkulasi ulang keuangan Anda saat ini, cari cara untuk menyisihkan uang yang diperoleh dari anggaran pengeluaran sebelum Covid-19, seperti belanja baju musiman, makan di luar, liburan, dan transportasi bila Anda bekerja dari rumah.

Cari Skema Pembayaran Alternatif Cicilan

Segera hubungi kreditur Anda dan cari tahu apakah ada skema penangguhan pembayaran, perpanjangan masa pinjaman, atau penurunan suku bunga bagi warga penerima uang gaji versi pandemi. Jika Anda memiliki riwayat kredit yang baik, kemungkinan besar mereka bersedia untuk mencarikan opsi pembayaran yang disesuaikan dengan kondisi.

Cari Tahu Alternatif Bantuan Keuangan

Pemerintah memiliki sejumlah program dalam upaya pemulihan ekonomi nasional, seperti subsidi gaji. Coba cari tahu dan pelajari bantuan pemerintah yang sesuai dengan kriteria Anda yang menerima uang gaji versi pandemi .

Cari Pekerjaan Sampingan

Coba cari pekerjaan yang hanya membutuhkan keahlian, waktu, dan koneksi internet yang stabil. Apabila Anda seorang instruktur kebugaran, buatlah sebuah kelas online. Jika Anda seorang guru, tawarkan layanan bimbingan online di luar jam kerja.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya