SOLOPOS.COM - Area Manager Communication, Relations, and CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, saat dijumpai wartawan di Kota Semarang, Selasa (28/6/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) memastikan tanggal 1 Juli 2022 pengguna kendaraan roda empat atau lebih tidak harus menggunakan aplikasi MyPertamina untuk membeli BBM subsidi maupun penugasan, yakni Solar dan Pertalite.

Per tanggal 1 Juli 2022, pengguna roda empat atau lebih hanya diminta untuk melakukan pendataan sebagai penerima BBM subsidi maupun penugasan, yakni Pertalite dan Solar bersubsidi. Pendataan itu juga tidak dilakukan melalui aplikasi MyPertamina, melainkan melalui situs website subsiditepat.mypertamina.id.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada 11 kota yang akan menjadi lokasi uji coba pendataan pengguna kendaraan roda empat atau lebih sebaga penerima BBM Pertalite dan Solar subsidi per 1 Juli 2022. Dari 11 wilayah itu, salah satu merupakan wilayah kerja PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT, yakni Yogyakarta.

Ekspedisi Mudik 2024

“Uji coba pendataan di website MyPertamina untuk wilayah Regional JBT PT Pertamina Patra Niaga per 1 Juli 2022 dilaksanakan di Kota Yogyakarta,” ujar Area Manager Communication, Relations, dan CSR Regional JBT PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, di Kota Semarang, Selasa (28/6/2022).

Brasto juga menegaskan jika website subisiditepat.mypertamina.id tersebut per 1 Juli 2022 hanya digunakan untuk melakukan pendataan kendaraan dan bukan untuk transaksi melalui aplikasi MyPertamina.

Baca juga: Beli Pertamax Lewat My Pertamina Bisa Hemat Rp250/Liter, Begini Caranya

“Masyarakat tidak perlu khawatir apabila belum memiliki aplikasi MyPertamina, karena yang perlu dilakukan saat ini hanya mendaftarkan kendaraannya di website subsiditepat.mypertamina.id. Dengan mendaftar di situs itu, masyarakat bisa mendapatkan QR Code khusus yang nantinya bisa digunakan membeli produk Pertalite dan Solar,” terang Brasto.

QR Code tersebut akan diperoleh setelah data kendaraan yang didaftarkan telah terkonfirmasi dan sesuai untuk membeli produk subsidi Solar maupun penugasan Pertalite.

Brasto menekankan pendaftaran kendaraan tersebut dapat dilakukan di mana saja melalui komputer, laptop, maupun handphone yang bisa mengakses situs web tersebut. “Konsumen bisa mendaftar di mana saja melalui alamat website subsiditepat.mypertamina.id. Untuk mendaftarkan, masyarakat diminta menyiapkan lebih dulu foto diri, KTP, STNK, foto kendaraan, dan foto pelat nomor kendaraan yang akan diunggah ke situs web tersebut,” ujarnya.

Baca juga: 2 Keuntungan Beli BBM Pakai Aplikasi My Pertamina

Sementara itu, untuk pembayaran di SPBU saat MyPertamina sudah mulai diterapkan, Brasto mengaku bisa menggunakan mekanisme tunai, kartu kredit atau debit, atau mekanisme pembayaran non-tunai lainnya, termasuk dengan aplikasi MyPertamina.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi dan memiliki pertanyaan terkait pendaftaran tersebut, dapat menghubungi Pertamina Call Center 135,” pungkas Brasto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya