Simak Panduan Aman Puasa Saat Hamil
Solopos.com|lifestyle

Simak Panduan Aman Puasa Saat Hamil

Menjalankan ibadah puasa saat hamil sah-sah saja dilakukan.

Solopos.com, JAKARTA–Menjalankan ibadah puasa saat hamil sah-sah saja dilakukan. Hanya, harus memperhatikan sejumlah hal supaya tidak membahayakan janin di kandungan.

Lalu bagaimanakah tips aman puasa saat hamil? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Umumnya  puasa tetap aman dijalankan saat hamil lantaran ibadah ini tidak akan membawa efek negatif kepada janin asalkan kebutuhan kalori, nutrisi, dan cairan tercukupi dengan baik. Perubahan keseimbangan kimia dalam darah saat puasa umumnya juga tidak membahayakan janin.

Salah satu penelitian pun menunjukkan bahwa bayi dari ibu yang menjalankan puasa saat hamil tidak menunjukkan perbedaan skor APGAR bayi setelah lahir. Skor ini adalah hasil tes yang dijalankan pada bayi baru lahir, yang meliputi pemeriksaan warna kulit, aktivitas otot, kemampuan refleks, detak jantung, dan pernapasan bayi.

Meski demikian, penelitian lain menunjukkan bahwa ada kemungkinan berat badan lahir bayi menjadi lebih rendah. Hanya saja perbedaannya sangat kecil, dan tidak tergolong signifikan.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Bisa untuk Cegah Batu Ginjal

Bumil yang memiliki berat badan normal dan menerapkan gaya hidup sehat juga tak perlu khawatir, karena umumnya puasa hanya akan memengaruhi sedikit kondisi kesehatan. Ini karena Bumil memiliki cadangan nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam kandungan.

Berikut ini panduan aman puasa saat hamil sebagaimana melansir laman alodokter, Jumat (16/4/2021):

1. Membuat agenda makanan

Untuk memeriksa kecukupan nutrisi, Bumil disarankan untuk membuat agenda makanan dengan mencatat menu dan makanan apa saja yang dikonsumsi setiap hari. Catatan ini juga dapat membantu dokter, terutama jika Bumil menderita diabetes gestasional.

2. Mencukupi kebutuhan cairan

Cukupi kebutuhan cairan adalah panduan aman puasa saat hamil. Pastikan kebutuhan cairan Bumil tercukupi dengan baik, apalagi jika bulan puasa jatuh pada musim kemarau. Bumil harus mengonsumsi air putih minimal 10 gelas atau sekitar 2,3 liter setiap harinya dan dapat meminumnya ketika sahur dan berbuka agar terhindar dari dehidrasi.

3. Membatasi minuman berkafein

Sebenarnya dalam kondisi berpuasa atau tidak, konsumsi kafein saat hamil harus dihentikan atau dikurangi, yaitu tidak lebih dari 200 mg atau kurang dari 2 cangkir kopi instan sehari. Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi, gangguan pencernaan, hingga tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Bolehkah Berpuasa Saat Masuk Angin? Simak Ulasannya

4. Memenuhi asupan nutrisi yang sehat

Pastikan kebutuhan nutrisi Bumil tercukupi dengan baik dengan mengonsumsi makanan sehat bernutrisi. Bumil juga sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat seperti biji-bijian, kacang, kacangan, sayur, dan buah setelah berbuka guna mencegah terjadinya sembelit saat berpuasa.

5. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur

Selain memastikan makanan yang dikonsumsi merupakan makanan sehat, Bumil juga harus lebih selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur.

Ketika berbuka puasa, konsumsi makanan dan minuman yang mengadung gula tinggi sebaiknya dibatasi. Terlalu tinggi gula dapat meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah dengan cepat, sehingga membuat Bumil cepat lelah.

Baca Juga: Kenali Tanda Masker Perlu Diganti

Sementara untuk sahur, Bumil dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum utuh dan makanan yang kaya akan serat seperti sayuran, karena makanan ini dapat melepaskan energi secara perlahan.

6. Mencukupi istirahat

Tips aman puasa saat hamil berikutnya adalah pastikan waktu istirahat  tercukupi dengan baik. Jika Bumil bekerja, gunakan jam istirahat di kantor untuk tidur siang sejenak. Tidur sekitar 15-20 menit dapat membuat tubuh terasa lebih segar. Jadi, komunikasikan hal ini secara baik-baik kepada atasan, terutama jika Bumil membutuhkan waktu lebih untuk berisitrahat.

 




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago