Simak Nih! Cara Hilangkan Noda Kosmetik di Masker Kain
Solopos.com|lifestyle

Simak Nih! Cara Hilangkan Noda Kosmetik di Masker Kain

Tak jarang kita jumpai noda kosmetik di masker kain, bahkan sulit dibersihkan.

Solopos.com, JAKARTA--Tak jarang kita menjumpai noda kosmetik di masker, biasanya noda lipstik atau alas bedak. Lalu bagaimana cara mudah membersihkannya?

Simak ulasannya di tips kecantikan kali ini. Masker yang bersih tentu bikin nyaman dan higienis. Memakai masker sudah menjadi keharusan di era pandemi Covid-19 ini. Pemakaian masker untuk mencegah persebaran virus Corona jenis baru penyebab Covid-19.

Namun seringkali ada noda kosmetik di masker yang mengganggu pemakaian. Apalagi jika noda kosmetik itu ada di masker kain. Ya, harus diakui saat ini masih banyak masyarakat memakai masker kain. Penggunaan masker kain semakin populer dengan berbagai variasi model, bahan, dan warna. Meski bisa digunakan berulang kali, tetapi masker kain lebih berisiko untuk sulit dibersihkan mengingat bahannya yang mudah meninggalkan bekas, baik itu bekas bedak maupun bekas lipstik atau bekas kosmetik lain.

Baca Juga: 5 Negara Ini Tangguhkan Vaksin AstraZeneca pada Kelompok Non Lansia

Melansir laman Her World Online dan Bisnis.com, belum lama ini, berikut cara untuk membersihkan noda kosmetik di masker kain:

1. Sabun yang Lembut dan Air Hangat

Jika noda yang terdapat di bagian dalam masker adalah noda yang bandel, maka Anda bisa mencoba untuk merendam masker di dalam sabun yang lembut dan air hangat dalam waktu yang lama sampai nodanya lebih mudah untuk dibersihkan.

2. Alkohol Oles

Cara lain membersihkan noda kosmetik di masker kain, terutama yang berasal dari lipstik, adalah memakai alkohol. Cukup gunakan kapas atau lap yang telah diberi alkohol dan gosok perlahan pada bagian yang terkena lipstik. Alkohol membantu memecah noda yang berminyak atau licin. Alternatif lainnya untuk Anda yang memiliki kulit sensitif adalah dengan menggunakan cuka beras dan larutan sabun cuci piring untuk membersihkan noda tersebut.

Baca Juga: Ini Syarat Perjalanan dan Masa Berlaku Swab PCR-Antigen-GeNose

3. Krim Cukur

Krim cukur bisa membantu menghilangkan noda kosmetik di masker kain. Caranya yaitu mengaplikasikan krim seukuran koin dan biarkan di daerah yang bernoda selama 10 menit. Setelah itu, krim tersebut bisa dibersihkan dengan lap lembap.

4. Pemutih Warna

Penggunaan pemutih untuk warna bisa dilakukan dengan merendam masker di dalam pemutih warna khusus kain berwarna selama lima menit sebelum dibilas dengan air dingin atau air suhu ruang.

5. Tisu Basah untuk Makeup

Pada umumnya, tisu basah yang digunakan untuk membersihkan makeup hanya bisa digunakan pada wajah. Tapi, ia juga bisa bekerja untuk membantu membersihkan noda makeup pada masker kain.

Cara membersihkan noda kosmetik di masker kain pakai tisu basah yaitu cukup dengan menepuk atau menggosok pelan noda sampai terangkat. Cara ini adalah yang paling efektif untuk noda baru yang belum kering.

6. Es Batu

Es batu bisa digunakan dengan menggosok bagian noda yang membandel. Tapi, hindari air panas karena akan membuat noda menyebar ke bagian lain pada masker kain. Penggunaan es batu sangat disarankan untuk membersihkan noda pada masker berbahan sutra.

7. Cairan Pencuci Piring

Salah satu noda kosmetik yang membandel adalah penggunaan foundation bedak maupun cair atau foundation berbasis minyak. Untuk membersihkannya gunakan sedikit cairan pencuci piring pada noda lalu gosok dengan lembut bagian tersebut dengan sikat gigi. Setelah nodanya hilang, bilas dengan air dingin.

 

 




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago