SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar tidak salah pilih tempat akomodasi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beda hotel melati dan berbintang. Simak ulasannya di tips liburan kali ini.

Saat memilih akomodasi saat liburan, tentu ada banyak faktor yang perlu jadi bahan pertimbangan antara lain fasilitas, lokasi penginapan dengan sejumlah objek wisata yang hendak dituju, kualitas pelayanan, hingga kesesuaian dengan anggaran Anda. Tak sedikit wisatawan memilih penginapan murah atau low budget dengan fasilitas seadanya lantaran mereka hanya butuh tempat untuk tidur semata.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun bagi Anda yang menginginkan kenyamanan tentu fasilitas di penginapan juga menjadi salah satu pertimbangan.  Anda bisa menilai apakah fasilitas yang disediakan hotel sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak?

Baca Juga: Pasutri Asal Mojosongo Solo Meninggal di Kamar Hotel Di Karanganyar

Meski pemilihan akomodasi sangat tergantung pada kebutuhan dan budget wisatawan, tak ada salahnya mengetahui beda hotel melati dan berbintang.  Mengutip kanal Youtube Vie Try Day, Rabu (5/10/2022), sebuah penginapan bisa disebut sebagai hotel berbintang jika mereka memiliki bangunan, papan nama yang jelas, tempat parkir atau drop off, lobby, toilet umum, fasilitas makan dan minum, kamar tidur tamu, dapur, kantor, front office, housekeeping, security dan keamanan seperti CCTV, manajemen, dan lain-lain.

Sedangkan untuk hotel atau penginapan yang berada di bawah standar tersebut itu tidak bisa disebut sebagai hotel berbintang atau tidak layak mendapatkan kualifikasi sebagai hotel berbintang.

Baca Juga: Sertifikat Calon Hotel 28 Lantai di Slamet Riyadi Solo Bermasalah, Ini Kata BPN

Sedangkan hotel kelas melati atau non berbintang dibagi menjadi 3 tipe yakni Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Biasanya hal ini dikategorikan berdasarkan jumlah kamar. Jadi, hotel melati Kelas I itu hanya memiliki 5 kamar, hotel melati kelas II punya 10 kamar, dan hotel melati Kelas III punya 15 kamar atau lebih.

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hotel melati merupakan hotel atau penginapan dengan tarif yang sangat murah. Akan tetapi, saat ini harga hotel sudah sangat murah. Sehingga sulit dibedakan antara hotel kelas melati dan juga tempat penginapan lainnya.

Baca Juga: 11/12 Rooftop Bar, Tempat Menikmati Keindahan Semarang dari Ketinggian

Namun, beda hotel melati dan hotel berbintang adalah umumnya hotel melati tidak memiliki management board dan sistem keamanan seperti security dan CCTV. Makanya, traveler biasanya kurang tertarik untuk menginap di hotel melati. Namun jangan khawatir, saat ini telah banyak hotel melati yang memperbaiki diri sehingga jadi tempat nyaman untuk menginap.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya