SOLOPOS.COM - Ilustrasi perayaan malam tahun baru. (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG — Pesta kembang api untuk merayakan Tahun Baru 2023 bakal digelar di sejumlah tempat di Kota Semarang, Jawa Tengah. Sejumlah tempat yang menggelar pesta kembang api ini telah mengantongi izin dari pihak kepolisian.

Wakil Kepala Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi, mengatakan beberapa tempat telah mengajukan izin terkait pesta kembang api malam tahun baru ke Polrestabes Semarang. Tempat tersebut seperti Citraland, Hotel KHAS, dan Hotel Paragon.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ardi menuturkan perayaan Tahun Baru 2023 boleh dirayakan dengan menyalakan kembang api. Namun, dalam pelaksanaannya masyarakat harus mengantongi izin dari pihak kepolisian.

“Diizinkan, namun syaratnya jika ingin mengadakan perayaan malam tahun baru minimal memberitahukan kepolisian. Khususnya di Polrestabes Semarang, bisa melalui Polsek. Paling tidak izinnya tiga hari sebelumnya,” kata Ardi, Minggu (25/12/2022).

Meski ada izin dari pihak kepolisian, dia menyarankan kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan perayaan pergantian tahun dengan menyalakan kembang api.

Baca Juga: Ratusan Wisatawan Tertahan di Karimunjawa, Ini yang Dilakukan Pemkab Jepara

Izin gelaran pesta kembang api sendiri akan dikeluarkan dari Direktorat Intel Polda Jawa Tengah. Sebab, kembang api menggunakan bahan berbahaya yang bisa menyebabkan kebakaran.

“Jadi untuk hotel atau restoran yang mau menggelar pesta kembang api, wajib melapor agar kita bisa merencanakan keamanannya sehingga bisa meminimalisir risiko yang terjadi, ” tegas Ardi.

Senada, Plt Wali Kota Semarang Hevearita G. Rahayu, mengatakan pihaknya meminta masyarakat meminta izin kepada kepolisian sebelum mengadakan pesta kembang api di malam tahun baru.

Baca Juga: 704 Personel Polri Dimutasi Jelang Natal, Ini 15 Kapolres di Jateng Berpindah

“Kita harapkan Tahun Baru 2023 yang penting tidak ada petasan, yang dilarang petasan. Kembang api masih bisa, termasuk kita bersama dengan Pak Dandim merayakan yang besarnya di Lapangan Garnisun,” jelas Ita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya