SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi dampak siklon tropis Claudia. Badai tersebut menimbulkan hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang dan kilat hingga 15 Januari 2020.

Imbauan tersebut dikeluarkan setelah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan potensi siklon tropis Claudia. Fenomena ini ditandai dengan adanya hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo mengatakan prediksi BMKG 24 jam ke depan menunjukkan arah gerak menjauhi wilayah Indonesia.

“Namun, kami meminta warga mewaspadai potensi bahaya dampak dari siklon tropis yang terpantau dapat berkecepatan lebih dari 100 km/jam ini,” paparnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (13/1/2020).

Adapun BMKG memantau pertumbuhan siklon tropis di perairan barat Darwin, Australia. Sirkulasi siklonik ini terpantau di Samudera Pasifik timur Filipina hingga dapat berdampak ke wilayah Nusiantara.

BMKG juga menyebutkan konvergensi memanjang dari Sumatra Barat, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, hingga Laut Jawa bagian barat.

Di sisi lain, belokan angin terdapat di Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Selat Karimata, dan Kalimantan Utara. Dampak dari siklon ini seperti hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT berpotensi mengalami angin kencang dengan kecepatan hingga 37 km/jam. Selain itu, gelombang setinggi 2,5-4 meter juga berpotensi terjadi di perairan selatan Bali hingga selatan NTB, perairan selatan Pulau Sumba, Samudera Hindia selatan Jawa Timur hingga selatan NTB, perairan Pulau Sabu, dan Pulau Rote.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya