Sidak Stadion Manahan, Kapolri Beri Sinyal Positif untuk Liga 1
Solopos.com|sport

Sidak Stadion Manahan, Kapolri Beri Sinyal Positif untuk Liga 1

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi pelaksanaan Piala Menpora 2021 yang mulai memasuki pertandingan pekan kedua.

Solopos.com, SOLO—Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi pelaksanaan Piala Menpora 2021 yang mulai memasuki pertandingan pekan kedua.

Kapolri menilai sejauh ini turnamen pramusim berjalan sesuai prosedur dengan menjalankan protokol kesehatan ketat. Pandangan Kapolri menjadi sinyal positif Liga 1 dapat digelar sesuai rencana yakni awal Juli 2021.

Pantauan Solopos.com, Kapolri bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memantau jalannya Piala Menpora di Stadion Manahan, Kamis (25/3/2021) sore.

Selama kurang lebih satu jam, para pejabat meninjau pelaksanaan protokol kesehatan yang mengiringi laga PSIS Semarang kontra Persikabo 1973 itu. “Saya sengaja meninjau langsung pertandingan untuk mengetahui secara faktual. Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan kali ini sesuai dengan komitmen awal yakni pertandingan dilaksanakan dengan protokol kesehatan,” ujar Kapolri dalam jumpa pers di Stadion Manahan, Kamis.

Baca Juga: Demi Persis, Yussa Siap Pulang Kampung Dan Tinggalkan Belanda

Kapolri mengatakan protokol kesehatan yang telah dilaksanakan seperti tes swab antigen sebelum masuk ke area stadion. Para pemain cadangan, tim pelatih dan ofisial juga tetap memakai masker serta menjaga jarak.

Kapolri juga mengapresiasi upaya vaksinasi Covid-19 yang telah dilakukan pada pemain dan ofisial yang bertanding di Stadion Manahan. Listyo mengatakan semua bahan tersebut akan menjadi penilaian untuk perizinan kompetisi ke depan.

“Ini adalah realita bagus sesuai yang kami harapkan. Tentu ini akan jadi penilaian kami. Kalau seterusnya tertib, kami akan bicarakan kembali soal persiapan Liga 1 dan Liga 2 yang memang ditunggu-tunggu klub dan suporter,” ujar mantan Kapolresta Solo itu.

Baca Juga: Ciro Immobile Antar Italia Tundukkan Irlandia Utara Dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022

Beberapa Catatan

Menpora Zainudin Amali mengatakan kehadiran Kapolri untuk memastikan pelaksanaan protokol kesehatan seperti yang dipaparkan PSSI dan PT LIB beberapa waktu lalu. Sebagai informasi, Mabes Polri memberikan izin turnamen dengan beberapa catatan, yakni semua laga tanpa kehadiran penonton di stadion.

Panitia juga harus membatasi jumlah pemain, ofisial, panitia, petugas keamanan, undangan, dan awak media di area pertandingan maksimal 299 orang. Penyelenggaraan pertandingan dilaksanakan di stadion pada wilayah zona hijau Covid-19.

“Kapolri ingin memastikan apa yang dipaparkan penyelenggara benar-benar terlaksana. Beliau juga ingin memastikan soal suporter. Suporter sejauh ini sudah bagus, tertib nonton di rumah. Ini dukungan mereka untuk bergulirnya kembali sepak bola kita,” ujar Menpora.

Baca Juga: Tanpa Ampun, Inggris Gebuk San Marino 5-0 Dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022

Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengatakan Kapolri memberi apresiasi positif pada pelaksanaan Piala Menpora sejauh ini.

“Mudah-mudahan ini menjadi tanda-tanda bagus untuk keluarnya izin Liga 1,” ujarnya. Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan mengurus izin Liga 1 dan Liga 2 ke Polri untuk meraih target kompetisi digelar awal Juli. Pihaknya berharap pelaksanaan Piala Menpora tetap berjalan kondusif hingga final pada 25 April di Solo.

“Perkiraan kompetisi dimulai awal Juli mengingat ada puasa dan Lebaran. Jadwal itu paling ideal karena klub butuh minimal dua bulan untuk persiapan. Kami akan ajukan izin secepatnya sembari melengkapi sejumlah syarat,” ucap Sudjarno.

Baca Juga: Sejumlah Area Dianggap Gelap, Pencahayaan Stadion Manahan Solo Jadi Sorotan

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan pelaksanaan turnamen pramusim di Solo sejauh ini berjalan lancar dan tertib. Gibran berterima kasih pada suporter yang telah bekerjasama dengan tidak nekat masuk stadion.

Dia juga melihat tidak ada nonton bareng yang memicu kerumunan di penjuru Kota Bengawan. “Saya yakin kalau kondisi baik ini berjalan terus sampai final, Insya Allah Liga 1 akan bergulir,” ujarnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago