Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Sidak Konser Dewa 19 di Edutorium UMS, Anggota DPRD Solo Kecewa

Saat sidak konser Dewa-19, anggota DPRD Solo menemukan belum diterapkannya sistem porporasi elektronik atau digital oleh Bapenda Solo.
SHARE
Sidak Konser Dewa 19 di Edutorium UMS, Anggota DPRD Solo Kecewa
SOLOPOS.COM - Anggota Komisi II DPRD Solo melakukan inspeksi mendadak (Sidak) konser Dewa 19 di Gedung Edutorium UMS Solo, Sabtu (26/11/2022) malam. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Dua anggota Komisi II DPRD Solo melakukan inspeksi mendadak (Sidak) konser Dewa 19 di Gedung Edutorium UMS Solo, Sabtu (26/11/2022) malam.

Mereka yaitu Wakil Ketua Komisi II DPRD Solo, Roro Indradi Sarwo Indah, dan Anggota Komisi II DPRD Solo, Tri Hono Setyo Putro. Pantauan Solopos.com, para wakil rakyat mengecek sistem pemeriksaan para penonton sebelum masuk lokasi konser.

PromosiMesin Baru di Mitsubishi L300 Euro 4: Lebih Bertenaga, Hemat Bahan Bakar

Saat diwawancara wartawan di sela-sela sidak, Roro mengatakan pemantauan konser Dewa 19 untuk memastikan pendapatan yang diperoleh dari acara itu. Sebab Pemkot Solo sedang mengejar realisasi pendapatan asli daerah (PAD) 2022.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

“Kami sidak pajak hiburan dari event ini untuk mengejar PAD 2022 agar tercapai. Informasi dari Badan Pendapatan Daerah Solo, PAD tahun ini hingga akhir Oktober 2022 baru 76%. Dan waktu yang tersisa tinggal lebih kurang sebulan,” ujar dia.

Baca Juga: Dewa 19 Sihir Ribuan Penggemar, Kota Solo Luar Biasa

Politikus PDIP itu menekankan pentingnya pengawasan setiap event yang ada di Solo untuk memastikan optimalisasi pemasukan dari pajak hiburan. Sebab berbagai event tersebut menjadi salah satu tumpuan PAD Solo utamanya dari pajak hiburan.

“Sekarang tinggal tersisa waktu beberapa hari di November, dan Desember 2022. Harus dipantau setiap event yang ada, agar jangan sampai pajak-pajak hiburan ini tidak sesuai dengan yang diharapkan. Banyak event jadi tumpuan PAD Solo,” urai dia.

Salah satu catatan Roro saat sidak konser Dewa-19, belum diterapkannya sistem porporasi elektronik atau digital oleh Bapenda Solo. Padahal dia sangat berharap sistem itu sudah bisa dioperasikan, seperti yang direkomendasikan saat rapat.

“Kami juga meninjau, melihat sistem porporasi elektronik yang dibuat oleh Bapenda. Tapi ternyata pakai sistem yang lama ketika konser Dream Theater. Belum bisa memakai sistem baru yang bisa langsung menjumlah berapa penontonnya,” ungkap dia.

Baca Juga: Mantap! Mulan Jameela dan Penyanyi Solo Ikut Meriahkan Konser Dewa 19 Malam Ini

Sedangkan Anggota Komisi II DPRD Solo, Tri Hono Setyo Putro, mengatakan sidak tidak hanya untuk melihat pendapatan dari konser Dewa-19. Sidak malam itu menurut dia juga untuk memastikan aspek keselamatan atau keamanan gelaran konser itu.

“Kami juga ingin melihat keselamatan dari masyarakat yang menikmati hiburan bisa terjamin. Sehingga Solo menjadi salah satu kota yang layak menyelenggarakan event besar. Jangan sampai over capacity. Harus dipastikan aman, nyaman,” urai dia.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode