[x] close
Sidak di Pasar Jongke & Karangpandan Karanganyar, Petugas Temukan Makanan Kedaluwarsa
Solopos.com|soloraya

Sidak di Pasar Jongke & Karangpandan Karanganyar, Petugas Temukan Makanan Kedaluwarsa

Tim gabungan dari Dinkes Karanganyar melakukan inspeksi mendadak atau sidak obat dan makanan ilegal yang dijual di Pasar Jongke dan Pasar Karangpandan, Karanganyar, Senin (10/5/2021).

Solopos.com, KARANGANYAR - Tim gabungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar melakukan inspeksi mendadak atau sidak obat dan makanan ilegal yang dijual di Pasar Jongke dan Pasar Karangpandan, Karanganyar, Senin (10/5/2021). Dari hasil sidak, ditemukan beberapa bahan makanan yang sudah kedaluwarsa.

Kepala Seksi Kefarmasian, Makanan Minuman dan Perbekalan Kesehatan Dinkes Kabupaten Karanganyar, Sutopo Edy Antoro, mengatakan sidak fokus memeriksa peredaran makanan, obat dan legalitas dari kedua produk tersebut. Adanya pemeriksaan legalitas lantaran sebelumnya sosialisasi sudah diberikan agar pedagang tidak menjual obat terbatas.

Baca Juga: Gibran Janji Evaluasi Jalur Contraflow Solo Buntut Railbus Batara Kresna – BST Senggolan

“Untuk obat bebas terbatas itu hanya boleh dijual di toko obat atau apotek yang ada penanggung jawab. Pedagang umum tidak boleh. Contoh obatnya komik, nafasin, dan lainnya,” ujar dia kepada Solopos.com, Senin.

Edy mengatakan terkait produk makanan pihaknya menemukan beberapa produk yang sudah kedaluwarsa. Beberapa produk tersebut antara lain bumbu makanan dan roti. Pedagang yang menjual diminta untuk menarik kembali jualannya dan tidak menjual makanan kedaluwarsa tersebut kembali.

“Kalau kami temukan lagi akan kami sita, terutama untuk obat bebas terbatas. Kami juga menemukan beberapa produk makanan yang tidak dilengkapi izin edar,” kata dia.

Baca Juga: Waduh! Wali Kota Solo Gibran Terlibat Debat Dengan Dosen di Pos Penyekatan Jurug



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago