SOLOPOS.COM - Sejumlah warga Kampung Bustaman sedang menyibukkan diri membersihkan kepala sapi dan kambing, Minggu (10/7/2022). (Solopos.com/Dickri Tifani Badi)

Solopos.com, SEMARANG — Kampung Bustaman yang terkenal dengan julukan kampung jagal di Jl. MT Haryono, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) ramai didatangi warga pada momen Iduladha seperti saat ini.

Sejumlah warga dari Kota Semarang dan sekitarnya akan datang ke kampung jagal di Bustaman Semarang itu untuk menggunakan jasa “Bengkel Kepala”. Ya, bengkel kepala di Kampung Bustaman sudah terkenal sejak puluhan tahun yang lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejumlah warga di Kampung Bustaman membuka jasa membersihkan kepala dan kaki hewan kurban, seperti sapi, kerbau, domba, maupun kambing. Rutinitas warga Kampung Bustaman sudah turun temurun sejak puluhan tahun lalu.

Salah satunya, seorang penjual jasa bengkel kepala, Siti Khasanah, 51. Dia mengaku melakoni usaha jasa bengkel kepala di kampung jagal Bustaman itu sejak usia 10 tahun. Dia juga membenarkan bahwa warga di Kampung Bustaman Semarang memiliki mata pencaharian sebagai penjual jasa bengkel kepala secara turun temurun.

“Saya sejak usia 10 tahun lalu. Awalnya membantu orang tua saya, jadi sudah turun temurun,“ ucap Siti sambil membersihkan kepala kambing, Minggu (10/7/2022).

Baca Juga : Jejak Kampung Jagal Ini Buktikan Kota Solo Sudah Metropolis Sejak Awal Abad 20

Siti mengaku hanya membuka jasa bengkel kepala hewan kurban dari pagi hingga sore hari saat momentum Hari Raya Iduladha. Dalam sehari, kata dia, ia hanya mampu membersihkan sebanyak 7 kepala hewan kurban. Dia bisa merampungkan pekerjaanya hingga magrib.

Namun, hingga Minggu siang, usaha bengkel kepala sapi di Bustaman itu sudah mendapatkan pesanan sebanyak 25 kepala hewan kurban. Oleh karena itu, dia meminta bantuan dari orang lain. Siti membutuhkan waktu setengah jam untuk mengoperasi satu kepala kambing dan sekitar lebih dari dua jam untuk satu kepala sapi.

“Ini sudah masuk sekitar 25-an. Tapi saya selesai Magrib saja [mengerjakan 7 kepala hewan kurban]. Biasanya kepala kambing. Paling tidak setengah jam sudah selesai. Kalau sapi sekitar 2 jam lebih karena menunggu Bapak memotong bagian kepala untuk memisahkan kepala dengan rahang dan mengeluarkan isi kepala sapi. Saya tidak kuat,“ jelasnya.

Tarif jasa bengkel kepala di kampung jagal Busmatan Semarang ini beragam. Harga satu kepala kambing dan kaki berukuran kecil hingga sedang Rp50.000 hingga Rp60.000. Lalu, tarif jasa bengkel untuk kepala sapi Rp350.000.

Harga tersebut sudah termasuk membersihkan bulu, kulit, hingga siap dimasak. “Ini dibersihkan bulunya, kulitnya, dan terus dipotong-potong. Nanti tinggal dimasak,” imbuhnya.

Baca Juga : Cerita Jagal Panggilan di Karanganyar Kebanjiran Order Jelang Idul Adha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya