[ X ] CLOSE

Siaran TV Digital: Tenang! Warga Miskin Dapat STB Gratis, Cek Caranya

Warga miskin bakal dapat set top box (STB) gratis untuk membantu menerima siaran TV digital.
Siaran TV Digital: Tenang! Warga Miskin Dapat STB Gratis, Cek Caranya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi nonton TV (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah menghentikan siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) dan menngalihkan siaran ke TV digital dilakukan secara bertahap hingga November 2022. Keluarga miskin bisa mendapatkan Set Top Box (STB) secara gratis untuk tetap menikmati siaran TV digital meski masih menggunakan TV tabung atau TV yang telah berteknologi broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2).

Mengutip laman resmi Kementerian Kominfo, Minggu (24/10/2021), standar siaran TV digital di Indonesia adalah DVB-T2. Tak semua merek TV layar datar atau LCD/LED TV memenuhi kualifikasi DVB-T2.

Baca Juga: Ini Daftar STB Tersertifikasi Kominfo agar Bisa Nonton Siaran TV Digital

Walau TV tak memenuhi kualifikasi, warga masih bisa menikmati siaran TV digital dengan bantuan STB atau semacam konverter. Kementerian Kominfo mengestimasi kebutuhan STB di Indonesia, yakni 37,7 unit.

Sebagaimana dilansir Detik.com, Sabtu (23/10/2021), tujuh juta unit STB gratis disalurkan. STB itu dibagikan bagi keluarga yang sudah memiliki TV yang masih pakai sistem analog. Tujuh juta STB gratis itu berasal dari patungan penyelenggara multipleksing dan pemerintah. Empat juta unit dari penyelenggaran multipleksing dan tiga juta dari pemerintah.

Baca Juga: Sebagian Jateng Wajib Pindah ke TV Digital Paling Telat 31 Desember 2021, Solo Termasuk?

Syarat mendapatkan STB gratis itu adalah WNI dengan KTP Elektronik, rumah tangga miskin punya TV dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau data perangkat daerah bidang sosial, dan tentunya lokasi rumah berada di cakupan siaran televisi yang terdampak ASO.

Mengutip keterangan pada laman Kementerian Kominfo, terdapat tiga cara distribusi STB. Yakni, disalurkan di lokasi tertentu sesuai kesepakatan (misalnya di kantor pos), diantar langsung ke rumah penerima bantuan dan oleh penyelenggara multipleksing di luar cara-cara tersebut.

Baca Juga: Pemerintah Genjot Siaran Digital, Sharp Indonesia akan Hentikan Produksi TV Analog

Alat STB ini akan didistribusikan secara bertahap, sesuai dengan tahapan ASO di tanah air. Untuk wilayah ASO tahap I sudah dialokasikan sebanyak 90.695 keluarga penerima bantuan dengan rincian wilayah siaran Aceh 1 sebanyak 17.046, Banten 1 sejumlah 14.544, Kalimantan Timur 1 sebanyak 29.368, Kalimantan Utara 1 sejumlah 6.818, Kalimantan Utara 3 sebanyak 4.646, dan Kepulauan Riau 1 sejumlah 18.273.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago