SOLOPOS.COM - Ilustrasi baju adat Jawa. (Instagram)

Solopos.com, SOLO Suku Jawa merupakan suku terbesar di Indonesia yang terkenal dengan pribadi orang-orangnya yang lembut, sopan, dan penuh tata krama. Bukan hanya di Jawa, masyarakat dari suku ini tersebar ke pelosok Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Namun, tahukah Anda siapa yang disebut sebagai orang dari Suku Jawa dan siapakah leluhur mereka?

Ada beberapa pendapat yang dapat dipakai untuk mendefinisikan siapa orang Jawa sebenarnya. Suseno (1984) menyebutkan bahwa orang Jawa adalah mereka yang menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa ibu. Selain itu orang yang secara genealogis berasal dari keturunan orang Jawa juga bisa disebut sebagai orang Jawa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Misteri Gunung Tidar: Pakunya Tanah Jawa

Ekspedisi Mudik 2024

Populasi suku ini menjadi yang paling besar di Indonesia. Berdasarkan perkembangan budaya, orang yang biasanya disebut sebagai kalangan Suku Jawa adalah warga Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dikutip dari Wikipedia, Rabu (1/12/2021), budaya Jawa mengutamakan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian dalam kehidupan sehari-hari. Budaya Jawa menjunjung tinggi kesopanan dan kesederhanaan. Budaya Jawa selain terdapat di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur terdapat juga di daerah perantauan orang Jawa yaitu di Jakarta, Sumatra, dan Suriname.

Baca juga: Cerita Orang Jawa & Melayu, Serumpun Tapi Tak Sama

Lantas, dari manakah orang Jawa berasal? Dihimpun dari berbagai sumber, sejumlah arkeolog termasuk Eugene Dubois asal Belanda meyakini orang Jawa merupakan keturunan manusia purba jenis Homo Erectus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui tidak banyak perbedaan antara DNA manusia purba itu dengan manusia Jawa masa kini.

Sejumlah peneliti berasumsi cikal-bakal orang Jawa berkaitan dengan evolusi Homo erectus menjadi Homo sapiens. Berdasarkan catatan sejarah, sekitar 40.000 tahun lalu Jawa dan sebagian pulau di Nusantara sudah dihuni oleh Homo sapiens yang berasal dari ras Austromelanesid. Dengan demikian, manusia Jawa diperkirakan hidup sejak 2.168 tahun lalu.

Baca juga: Asale Orang Jawa, Keturunan Siapa?

Sementara menurut para sejarawan, asal-usul orang Jawa berkaitan dengan bangsa Yunani di China. Mereka meyakini manusia Jawa dan Yunani berasal dari satu rumpun, yaitu Austronesia. Selain itu masih banyak cerita lain yang berkembang terkait asal-usul orang Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya