SOLOPOS.COM - Foto udara tikungan kelima dan tikungan keenam lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Solopos.com, MATARAM — Kira-kira siapakah arsitek di balik keindahan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB)?

Sebagai informasi, sirkuit yang memiliki panjang 4,31 kilometer ini mencuri perhatian pembalap Valentino Rossi.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Rossi saat diwawancari oleh presenter Trans 7, Lucy Wiryono mengenai tantangan balapan di Mandalika, dia menyebut perlu mencobanya lebih dulu. Kendati demikian, dia sudah melihat ada sejumlah tikungan yang akan membuatnya melaju cepat.

Baca Juga:  Nikita Mirzani Singgung Wanita Berhijab Hamil Duluan, Sindir Siapa?

Menurutnya, tingkungan-tikungan di Sirkuit Mandalika itu sangat menyenangkan untuk balapan MotoGP.

“Saya sudah melihat tata letaknya [lay out], dan video lintasannya. terlihat ada beberapa tikungan untuk melaju cepat, itu akan menyenangkan untuk balapan. Tapi untuk memahami sirkuit secara keseluruhan, trek harus selesai lebih dulu. Dan saya turun langsung dengan motor untuk mencobanya,” kata Rossi dalam wawancara tersebut yang diunggah ulang oleh akun Youtube, Nurdien Korindo, (20/5/2021) lalu.

Baca Juga: Apa Doa Agar Anak Tidak Rewel, Terutama di Malam Hari?

Selain tikungannya, spesifikasi lain dari Sirkuit Mandalika Lombok yang menjadi perhatian Rossi adalah lokasinya.

Lalu, siapakah arsitek yang menciptakan keindahan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah ini?

Baca Juga: Makanan Penyebab Kanker Usus, Seperti yang Dialami Komedian Qomar

Arsitek Sirkuit Mandalika Lombok dari Inggris

Arsiteknya ternyata berasal dari Inggris. Perusahaan dari Inggris, Populous ditunjuk sebagai pengembang sirkuit dengan 17 tikungan ini.

“Kami percayakan kepada Populous, mereka sudah memiliki nama besar untuk membangun venue olahraga di seluruh dunia,” jelas Direktur Indonesia Tourisme Development Corporation (ITDC), Abdulbar Mansoer, Senin (25/2/2019) silam.

Baca Juga: Kondisi Terbaru Tukul Arwana: Berat Badan Menurun, Tubuh Terlihat Kurus

Populous merupakan perusahaaan yang sudah berpengalaman dan kerap menggelar acara internasional di bidang olahraga, salah satunya adalah membangun Stadion Wembley.

Memiliki keindahan hasil arsitek Populous, kawasan Mandalika Lombok termasuk sirkuit merupakan salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas dari Kementerian Pariwisata dan layak menjadi lokasi wisata olahraga atau sport tourism.

Baca Juga: Masih Pro Kontra, Apa Hukum Suami Menyusu kepada Istri dalam Islam?

“Ini adalah tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism, kami mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP. Supaya kita bisa meningkatkan semangat dan memberi motivasi serta mempromosikan MotoGP, agar getarannya terasa di seluruh Indonesia,” ujar dia dikutip dari Bisnis.com (17/1/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya