SOLOPOS.COM - Tempat makanan plastik yang ramah lingkungan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira ada enggak sih tempat makanan plastik yang ramah lingkungan dan tersedia di Indonesia?

Seperti diketahui, plastik merupakan salah satu sampah yang sulit terurai dengan tanah. Bahkan, diperlukan waktu puluhan hingga ratusan tahun agar sampah plastik bisa terurai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Maka dari itu, pemerintah dan juga pihak swasta banyak mengampanyekan go green, yakni mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Cuitan Fico Fachriza Soal Beli Narkoba Rp1,7 Miliar Viral Lagi

Ekspedisi Mudik 2024

Tetapi, tahukah Anda ada loh tempat makanan plastik yang ramah lingkungan karena bisa terurai dengan tanah kurang lebih 10 tahun?

Wadah plastik tersebut yang dimaksud merupakan produksi Merak Plast. Produsen kemasan plastik segala jenis yang berada di Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini, mempunyai dua produk tempat makanan yang ramah lingkungan, yakni kotak makan dan juga thinwall.

Baca Juga:  5 Kuliner Autentik Khas Klaten, Sudah Coba Semua Lur?

Perusahaan yang telah berpengalaman sejak 2003 memproduksi tempat makanan plastik yang ramah lingkungan ini menggunakan zat aditif yang memudahkan plastik terurai dengan tanah dalam kurun waktu ± 10 tahun.

“Tujuan kami dari dulu berkontribusi dengan program-program pemerintah, salah satunya untuk menjaga lingkungan. Dengan menggunakan bahan baku yang ada, kami menciptakan produk ramah lingkungan sehingga bisa terurai,” jelas Operational Manager Merak Plast kepada Solopos.com, Selasa (30/11/2021) melalui sambungan telepon.

Baca Juga:  Sekte Baru Makan Mi Instan Pakai Es Krim, Katanya Creamy dan Wangi

Produk tempat makanan plastik yang ramah lingkungan ini memiliki beragam jenis ukuran dan dipasarkan di Pulau Jawa hingga luar Pulau Jawa, seperti Bali, Kalimantan, Sulawesi. “Rencana tahun depan ke Sumatra,” ungkap beliau.

Bukan hanya ramah lingkungan, produk tempat makanan plastik dari Merak Plast ini teruji tahan panas. Bahkan, bisa dimasukkan dalam pemanggangan atau microwave.

Baca Juga:  Puncak Suroloyo Diklaim sebagai Titik Tengah Pulau Jawa, Ini Alasannya

Selain itu, tempat makanan ini juga memiliki warna yang variatif, seperti kuning, hijau, oranye, natural, hingga merah. Masyarakat juga tak perlu takut akan keamanan dari warna tempat makanan ini.

Produk tempat makan ramah lingkungan dari Merak Plast. (Istimewa)

Pasalnya, warna yang digunakan dalam tempat makanan ini telah tersertifikasi food contact. “Sehingga aman dan tak akan terkontaminasi dengan makanan,” imbuh dia.

Baca Juga: Spesifikasi Tol Solo-Jogja, yang Pangkas Waktu Perjalanan Jadi 20 Menit

Untuk mengetahui produk detail dan ukuran produk tempat makanan plastik yang ramah lingkungan ini, kamu bisa mengaksesnya di sini.

Selain itu, kamu yang ingin membeli tempat makanan plastik dari Merak Plast bisa order secara online di marketplace kesayangan kamu atau juga bisa klik langsung di sini.

Baca Juga:  Apa Itu NFT, yang Dijual Ghozali Everyday dan Untung Hingga Miliaran?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya