SOLOPOS.COM - Tama Halu, penyanyi asli lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet. (Youtube)

Solopos.com, SOLO — Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet menuai kontroversi. Penyebutan sosok Joko Tingkir dalam lagu tersebut menjadi polemik lantaran diprotes banyak pihak.

Salah satu yang merespons tegas adalah Gus Muwafiq. Dia menilai lagu tersebut tidak pantas karena menghina seorang tokoh besar dalam Islam.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Lantas, siapakah pencipta lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet?

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Jumat (19/8/2022), lagu tersebut kali pertama diunggah di kanal Youtube Sandi Records Digital pada 1 Juni 2022.

Video itu menampilkan sosok penyanyi cilik bernama Tama Halu. Dalam credit video tersebut lirik lagu dituliskan oleh Tama Halo 008.

Baca juga : Sosok Joko Tingkir yang Disebut di Lagu Viral Ngombe Dawet

Sementara credit song writer atau penulis lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet tertulis inisial NN yang biasa dipakai untuk menyembunyikan identitas.

Sebagaimana diketahui, lagu tersebut mendapat beragam respons dari warganet. Sejumlah cover lagu tersebut muncul di media sosial, salah satunya dipopulerkan Farel Prayoga, penyanyi cilik asal Banyuwangi, Jawa Timur.

Permasalahan pada lagu ini adalah pencatutan nama Joko Tingkir. Selain itu, aransemen lagu tersebut biasanya dilantunkan dalam berbagai kegiataan keislman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya