SOLOPOS.COM - Kru Dorna TV melakukan peliputan di area start Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok Tengah, NTB, Kamis (17/3/2022). (Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, JAKARTA – Perhelatan balap MotoGP kembali ke Indonesia setelah 25 tahun saat negara kepulauan itu menggelar Grand Prix untuk pertama kalinya sejak 1997. Grand Prix Indonesia perdana digelar pada 1996 di Sirkuit Sentul yang menggelar Grand Prix kembali di tahun berikutnya.

Di GP Indonesia 1996, Mick Doohan (Honda) memenangi kelas 500cc mengalahkan Alex Barros dan Loris Capirossi. Tetsuya Harada (Yamaha) memenangi balapan kelas 250cc sedangkan kategori paling ringan 125cc dimenangi oleh Masaki Tokudome (Aprilia).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Diggia Anggap Sirkuit Mandalika Rumah Kedua Tim Gresini, Kenapa?

Grand Prix kedua dan terakhir di Sentul digelar pada 1997 ketika Tadayuki Okada meraih kemenangan pertama dari empat kesuksesannya naik podium teratas di kelas premier.

Ini Sirkuit Mandalika akan mencatatkan sejarah menyelenggarakan adu kebut kuda besi di era MotoGP untuk kali pertama di Indonesia. Sederet sejarah sedang menanti para pembalap untuk mereka torehkan.

Sebut saja rekor pole position kali pertama di Sirkuit Mandalika, rekor lap tercepat, rekor juara pertama untuk kali pertama di Sirkuit Mandalika dan sebagainya.

Catatan resmi MotoGP menunjukkan Indonesia menjadi salah satu dari tujuh negara di Asia yang menjadi tuan rumah ajang Grand Prix (di semua kelas solo) bersama Thailand, Turki, Jepang, Malaysia, China, dan Qatar.

Baca juga: Besok, MotoGP 2022 Digeber di Sirkuit Mandalika, Ini Jadwalnya

Sirkuit Mandalika menjadi sirkuit ke-12 yang digunakan untuk balapan GP di Asia hingga kini. Lintasan di pesisir selatan Pulau Lombok, NTB itu diresmikan pada November 2021 menjelang seri pemungkas musim kejuaraan WorldSBK.

Sirkuit-sirkuit lain di Asia yang pernah dipakai balapan GP adalah Motegi (63 balapan, Sepang (62), Lusail (59), Suzuka (56), Shah Alam (21), Shanghai (12), Istanbul Park (9), Fisco/Fuji (8), Sentul (6), Buriram (6), dan Johor (3).

Mandalika merupakan trek ke-73 di dunia yang menjadi tuan rumah Grand Prix kelas premier termasuk yang ke-30 menghelat balap MotoGP sejak kategori baru itu diperkenalkan pada 2002.

Baca juga: Keren, Pol Espargaro Merasa Seperti Warga Mandalika

MotoGP telah menjalani tes pramusim selama tiga hari di Mandalika pada 11-13 Februari 2022. Setelah tes rampung, sebagian lintasan menjalani pengaspalan ulang sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5.

Sejumlah sirkuit yang pernah dipakai Marc Marquez membalap namun belum pernah memenangi kelas premier di sana sejauh ini adalah Portimao, Red Bull Ring, dan Mandalika, yang debut di kalender MotoGP musim ini.

Berikut ini daftar para pembalap pemenang GP Indonesia sebelumnya:
Mick Doohan (sekali, kelas 500cc)
Tadayuki Okada (sekali, kelas 500cc)
Testuya Harada (sekali, 250cc)
Max Biaggi (sekali, kelas 250cc)
Masaki Tokudome (sekali, kelas 125cc)
Valentino Rossi (sekali, 125cc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya