SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat meninjau kesiapan Tol Semarang-Demak Seksi II untuk Nataru, Rabu (7/12/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, memastikan Tol Semarang-Demak Seksi II siap melayani arus kendaraan pemudik saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru. Bahkan, Tol Semarang-Demak Seksi II itu rencana dibuka kembali pada tanggal 15 Desember 2022 nanti.

Hal itu disampaikan Ganjar saat mengecek kesiapan Tol Semarang-Demak Seksi II untuk melayani arus kendaraan saat Nataru. Tol Semarang-Demak Seksi II belum lama ini diuji laik fungsi (ULF) dan saat ini ditutup kembali untuk finishing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya mau ke Pati, jadi karena kemarin kita tutup lagi untuk membereskan di seksi II saya memantau arus lalu lintasnya,” tutur Ganjar.

Selain mengecek Tol Semarang-Demak Seksi II, dalam kesempatan tersebut Ganjar juga memantau arus lalu lintas di Demak. Menurutnya, arus lalu lintas di Demak saat ini lancar menyusul sudah dibukanya Jembatan Wonokerto yang sebelumnya ditutup karena dilakukan perbaikan.

“Ternyata jembatan Wonokerto cukup membantu. Jadi artinya ketika kemarin dalam kondisi macet luar biasa ini dibuka ini sangat membantu,” katanya.

Baca juga: Uji Coba Hingga 2 Desember, Tol Atlantis Semarang-Demak Dibuka Lagi saat Nataru

Dari kondisi lalu lintas yang membaik, Ganjar mengatakan Tol Semarang-Demak Seksi II saat ini kembali ditutup untuk finishing. Beberapa sarana prasarana pendukung akan diselesaikan sebelum 15 Desember mendatang.

“Sekarang arus lalu lintasnya sudah jalan sudah bagus, kita perbaiki lagi di sini untuk dibereskan. Jadi pemberesannya PJU, lampu tambahan, CCTV yang kurang dan tes loading,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan penyelesaian itu akan dipercepat dengan harapan setelah 15 Desember 2022, Tol Semarang-Demak Seksi II sudah bisa diperasionalkan kembali untuk Nataru.

Baca juga: Kebut Proyek Tol Semarang-Demak, Gubernur Ganjar Bentuk Tim Khusus

“Mudah-mudahan tanggal 15 sudah bisa dibuka kembali sehingga Nataru sudah siap. Tadi saya coba lewat dari sana sampai dengan titik pintu masuk tol ini alhamdulillah lalu lintas lancar, yang kemarin mengerikan itu bisa terurai. Mudah-mudahan finishingnya nanti bisa lebih baguslah,” tandasnya.

Pantauan di lapangan, tampak para pekerja melakukan pemberesan di sepanjang Tol Semarang-Demak Seksi II. Gate exit Tol Demak juga tampak lebih meriah dengan penambahan ikon Demak di bagian atasnya.

Seperti diketahui, Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,7 km dan terbagi menjadi dua seksi. Seksi 1 (Semarang-Sayung) sepanjang 10,69 km dan Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya