SOLOPOS.COM - Proses Sertijab Fiskom dari pimpinan yang lama ke pimpinan baru. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Proses serah terima jabatan (sertijab) adalah hal yang wajar sekaligus menjadi bukti tanggung jawab yang berkelanjutan.

Pernyataan tersebut menjadi salah satu pesan Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Prof. Ferdy Samuel Rondonuwu, S.Pd., M.Sc., Ph.D., saat menghadiri acara Sertijab Pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fiskom), Jumat (9/12/2022) siang.

Prof. Ferdy S. Rondonuwu, S.Pd., M.Sc., Ph.D.,menegaskan keberlangsungan sebuah fakultas bukan hanya tanggung jawab satu generasi namun merupakan tanggung jawab antar generasi.

“Baik itu periode kepemimpinan yang sebelumnya dan saat ini, baik yang lebih sepuh dengan yang muda,” tutur Ferdy.

Sementara itu, usai menerima laporan akhir jabatan dari Dekan Periode 2017-2022, Drs. Daru Purnomo, M.Si., menyebut bahwa pihaknya siap untuk meneruskan estafet kepemimpinan.

Baca Juga: FEB UKSW Salatiga Segera Buka Program Studi S3 Ilmu Akuntansi

Jabatan yang diemban ini menurutnya adalah sebuah penugasan, karena sebagai tenaga pengajar, tanggung jawab utamanya adalah melaksanakan Tri dharma Pendidikan Tinggi yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Namun, Drs. Daru Purnomo, M.Si., berharap tradisi Sertijab ke depan dapat terus dilakukan sebagai sebuah bentuk pertanggung jawaban.

“Jadi ada ruang sebagai alih kepemimpinan dengan terlebih dahulu nyantrik atau magang,” imbuh Dekan periode 2022-2027.

Drs. Daru Purnomo, M.Si., memiliki target untuk menyiapkan tiga program studi yakni Sosiologi, Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional ini berada pada satu kondisi untuk siap berlari lebih cepat.

Target lainnya adalah pada tahun 2024 sumber daya dosen yang tengah melakukan studi lanjut doktoral dapat rampung dan kembali ke fakultas sehingga dapat menjadi kekuatan potensial.

Baca Juga: Dies Natalis FKIK UKSW, Rektor: Kolaborasi dan Semangat Satu Hati

“Harapannya dapat mengimbangi kecepatan kerja di tingkat universitas. Kami juga berharap dapat menyiapkan rekan-rekan satu fakultas untuk menyamakan persepsi sehingga dapat bersatu hati menuju unggul,” tegasnya.

Alami Peningkatan

Sementara itu, Wakil Dekan Fiskom periode 2017-2022 Triesanto Romulo Simanjuntak, S.IP., M.A., berkesempatan memaparkan sejumlah capaian Fiskom selama lima tahun terakhir. Disampaikannya melalui Instrumen Suplemen Konversi (ISK), dua prodi mengalami peningkatan akreditasi yakni Prodi Sosiologi yang sebelumnya terakreditasi A menjadi Unggul dan Prodi Komunikasi saat ini terakreditasi Baik Sekali.

Selain itu, juga telah dilaksanakan sejumlah eksternalisasi kerja sama, salah satu yang sudah mapan adalah dengan lembaga mitra karena Fiskom telah rutin melakukan Pembelajaran Lapangan Terpadu (PLT).

“Kami berharap melalui Sertijab ke pimpinan yang baru, hal baik yang telah kami tanam dapat dilanjutkan baik di bidang kerja sama, integrasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta mendorong prestasi mahasiswa,” imbuhnya.

Baca Juga: FKIK UKSW Salatiga Ikut Pecahkan Rekor Muri 14.000 Porsi Makanan Cegah Stunting

“Dorong prestasi mahasiswa untuk tunjukkan bahwa mahasiswa Fiskom berkualitas dan berani tampil di dalam dan di luar.”

Rekomendasi
Berita Lainnya